€sl Promotion

€sl Promotion
19/01/2022

Peringatan Hari Listrik Nasional ke 76, Mahasiswa UHO Terbangkan Ratusan Lampion

1 min read

SULTRALINE.ID, KENDARI – Peringatan ke-76 tahun Hari Listrik Nasional (HLN) merupakan momen penting di tengah pandemi.

Namun tak menyurutkan semangat memperingati. Seperti yang dilakukan mahasiswa Teknik Elektro dan Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo yang merayakan malam puncak perayaan HLN dengan menerbangkan ratusan lampion, selain itu juga mereka menampilkan hiburan serta pameran elektrical yang membedakan nya dengan perayaan tahun sebelumnya, di salah satu Warkop di Kota Kendari, Selasa malam (26/10/2021).

“Ini kegiatan rutin kami lakukan setiap tahun untuk mengingat pertumbuhan teknologi kelistrikan di Sulawesi Tenggara khususnya masih bisa di kembangkan kembali,” ujar Efendi Musa Selaku Koordinator Acara tersebut.

Menurutnya, dengan penerbangan lampion ini, Agar mahasiswa bisa mengingat bagaimana sumber daya alam yang ada di Sultra dapat dimanfaatkan sebagai energi baru yang terbarukan.

“Karena tema nya kita pada kegiatan ini merupakan menyongsong pertumbuhan teknologi kelistrikan yang bersih di era 4.0,” tambah mahasiswa teknik elektro UHO itu.

Sehingga sebagai mahasiswa pihaknya berharap, di Sultra menjadi pusat energi baru yang terbarukan, karena masih banyak lagi sumber daya yang berada di Sultra ini.

Ia juga mengaku, kegiatan tersebut rutin di gelar sejak tahun 2010 lalu.

Meskipun begitu, perayaan HLN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, untuk tahun ini pihaknya mengadakan pameran electrical, yang mana pameran itu di lakukan untuk menunjukan kepada masyarakat umum dan mahasiswa selain dari teknik elektro.

“Bahwa ini merupakan hasil karya dari mahasiswa-mahasiswa teknik elektro dan teknik elektronika. Dimana pameran itu juga telah menjadi prestasi kebanggaan kami mahasiswa elektro sampai tingkat nasional,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya mempertunjukan Kontes Robot Indonesia (KRI), robot SAR, robot pemadam kebakaran, robot untuk mengecek terumbu karang, dan robot memanah yang merupakan program dari negara Cina.

Tak hanya itu, untuk pengabdian masyarakat tahun ini pihaknya akan mengadakan 10 lampu jalan di kampung Amoalo, Kelurahan Baruga yang menggunakan energi matahari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Sedangkan tahun lalu itu pengabdian masyarakatnya hanya perbaikan instalasi dan pengadaan pencuci tangan otomatis,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelum acara puncak pihaknya juga melaksanakan kegiatan donor darah yang bertempat di Lobi Fakultas Teknik UHO.