Pemkot Kendari Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur 2018, ini Kata Kadis Perdagangan

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berhasil mendapatkan penghargaan pasar tertib ukur 2018 dari Kementerian Perdagangan RI.

Penyerahannya sudah dilakukan pada Desember 2018 lalu yang diterima langsung Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari Sulkarnain Kadir.

Sore tadi (03/01/2019), Sulkarnain menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kepala OPD terkait yakni Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, di ruang Pola Kantor Walikota Kendari.

 

 

Usai menerima, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kendari Syam Alam, mengatakan ada dua pasar yang berhasil meraih itu yakni Pasar Sentral Kota Kendari dan Pasar Sentral Baruga.

Lanjut ia, keberhasilan itu membuktikan bahwa kedua pasar tersebut sudah sesuai aturan minimal 90 persen yang telah ditetapkan yakni sudah dilakukan tera dan tera ulang.

“Artinya memberikan jaminan kepada konsumen dan masyarakat terhadap ketetapan ukuran yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, sebelumnya juga ada beberapa pasar yang telah mendapatkan penghargaan macam ini seperti pasar Paddys Market dan Pasar Lapulu.

Namun dengan raihan itu, ia berjanji pengawasan tetap dilakukan termasuk bukan  saja pasar melainkan minimarket. Menurutnya juga pihaknya di 2019 menargetkan menjadi Kota tertib ukur. “Nantinya bukan hanya pasar, mulai swalayan, kemudian hyppermart. SPBU, taksi, PLN, PDAM, dan lain sebagainya yang menggunakan alat ukur timbang, apalagi dimanfaatkan untuk konsumen itu semua harus sudah di tera dan tera ulang. Itu juga demi keamanan ukuran takaran yang ada,” terangnya.

ia menambahkan, ke depannya pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan guna memberikan kenyamanan terhadap konsumen.

 

Laporan : Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.