Pemkot Kendari Bakal Terapkan e-SPPD, ini Manfaatnya

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus melakukan inovasi dalam sistem birokrasi.

Melalui Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, mengungkapkan akan merancang sistem birokrasi perjalanan dinas berbasis elektronik (e-SPPD).

“Itu kita akan lakukan demi mewujudkan visi misi birokrasi yang berbasis teknologi dan mengedepankan akuntabilitas,” kata Sulkarnain, saat ditemui di Kendari, (17/8/2018).

Plt Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, menyatakan bahwa sistem tersebut nantinya akan terintegrasikan dengan data pegawai lingkup Pemkot Kendari, termasuk rincian perjalanan dinas, dan laporan-laporan didalamnya.

“Semoga bisa diterapkan Tahun 2019 mendatang. Kita akan uji coba dulu yang kita rencanakan di akhir November atau Desember ini,” ujarnya

Lanjut, ia, yang pasti pemkot Kendari terus berusaha bijak memanfaatkan teknologi demi transparansi dan akuntabilitas

Selain pemanfaatan teknologi yang searah dengan visi misi Pemerintah Kota Kendari, yakni berbasis ekologi, teknologi, dan informasi, penerapan sistem itu juga menurutnya akan  lebih menghemat 30 persen belanja anggaran daerah.

“Selain memudahkan dari sisi waktu, saya duga kita juga bisa lebih menghemat 30 persen anggaran, teermasuk pembiayaan kertas dan kelengkapan administrasi lainnya. 30 persen ini justru kita bisa alokasikan untuk pembiayaan prioritas daerah lainnya, seperti di sektor infrastruktur jalan, jembatan, sektor kesehatan, pendidikan, dan lain-lain,” urainya.

Olehnya itu, ia berharap seluruh stakeholder mampu bersinergis guna mewujudkan Kota Kendari kota manjadi kota layak huni.

“Semua ini kan nanti masyarakat yang nilai, intinya kami akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kita,” tandasnya

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Kota Kendari telah menerapkan sistem digitalisasi dalam birokrasi, yakni dengan pemberlakuan transaksi non tunai dalam transaksi gaji pegawai. Selain itu baru-baru ini Pemkot Kendari telah menyepakati pemberlakuan digitalisasi SPBU dengan menggandeng berbagai pihak dari PT. Pertamina, dan perbankan yakni BRI, serta Telkomsel sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Kendari.

 

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.