Pemkab Wakatobi Sosialisasikan Tiga Perbub

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, mensosialisasikan tiga Peraturan Bupati (Perbub) di aula pesanggaran budaya, Sabtu (7/4/2018).

Yakni Perbub nomor 7 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, Perbub nomor 11 tahun 2018 tentang pendelegasian kewenangan Bupati pada Camat dalam evaluasi rancangan peraturan desa tentang APB- Desa dan Perbub nomor 11 tahun 2018 tentang pedoman pengadaan barang/ jasa desa.

Dalam sambutannya, Bupati Arhawi, SE menilai, tiga Perbub tersebut akan dijadikan pedoman untuk para pemerintahan desa dalam mengelola keuangan. Baik penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Perbub yang disosialisasikan merupakan amanah dari undang-undang yang telah ada. Untuk mengsingkronisasikan pemerintahan tingkat atas hingga pada tingkat paling bawah.

“Pemerintah desa tidak bisa mengklaim bahwa setelah ada undang-undang Desa, dan desa diberikan hak otonomi sepenuhnya untuk mengelolah tentang berbagai anggaran, baik yang bersumber dari ADD maupun DD lalu kemudian akan terputus hubungan antara pemerintah desa, pemerintah Kecamatan, dan pemerintah Kabupaten,” terang Arhawi, Sabtu (7/4/2018).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wakatobi Nur Bahtiar, SE, menerangkan, hal itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam rangka membantu pegelolaan keuangan desa. “Untuk tahun 2018, sudah ada 6 peraturan desa yang telah ditetapkan,” ujarnya.

“Pertama, terkait tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa, kedua, tata cara pembagian dan penetapan besaran alokasi besaran Dana Desa, ketiga, tata cara pembagian dan penetapan besaran bagian hasil pajak dan bagi hasil daerah, ke empat, pedoman pengelolaan keuangan desa, ke lima, pendelegasian kewenangan bupati kepada para camat dalam evaluasi rancanagan Peraturan desa (Perdes) dan Perubahan APB- desa, dan yang ke enam, pedoman dan tata cara pengadaan barang dan jasa,” sambung dia.

Laporan: Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.