Pembangunan Irigasi Sangat Dibutuhkan Masyarakat Muna Barat

SULTRALINE.ID, MUNA BARAT –  Sebagai Kabupaten baru, yakni pemekaran dari Kabupaten Muna, Maka Kabupaten Muna Barat (Mubar) merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB), Dan tentunya sangat diperlukan untuk berinovasi dalam proses pembangunan daerahnya khususnya terkait pembangunan infrastruktur. Infrastruktur irigasi adalah satu perhatian utama Pemda Muna Barat (Mubar) yang sangat dibutuhkan Masyarakatnya.

Kepala bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mubar, Suracjman mengatakan, wilayah Muna Barat memiliki daerah irigasi dengan kewenangan kabupaten yang cukup luas dengan total luas baku kurang lebih 2.000 Hektare (Ha). Dengan luasan tersebut tentu memiliki berbagai persoalan baik terkait optimalisasi lahan dan optinalisalisi sistem irigasi.

“Seringkali berbagai keluhan masyarakat belum maksimal direspons oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu dibutuhkan adanya tim khusus yg menindaklanjuti keluhan-keluhan masyarakat,” tuturnya

Lanjut Ia, untuk mengtaktisi permintaan masyarakat akan dibentuk tim seperti Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan menindaklanjuti setiap keluhan masyarakat. Sehingga desain dan perbaikan terhadap objek keluhan segera dilakukan.  Kerja-kerja tim ini sudah mulai dilakukan hanya tinggal dilegalisasi dalam minggu kedepan.

“Kita berharap dengan adanya tim ini akan semakin mempercepat target pencapaian Muna Barat sebagai salah satu sentra lumbung padi Nasional.  Semua sejalan dengan visi dan misi Bupati Muna Barat yang secara khusus menekankan pada pembangunan infrastruktur pada sektor-sektor produksi tak terkecuali infrastruktur daerah irigasi,” tutup Suracjman.

Laporan: Baharuddin Palugu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.