Pelaksanaan UNBK di Kota Kendari Turut Diawasi ORI Sultra

SULTRALINE.ID, KENDARI – Hari ini (Senin, red) serentak di Tanah Air siswa /siswi sekolah menengah atas (SMA), dan Madrasah Aliyah (MA) atau sederajat melaksanakan Ujian Nasional (UN), tak kecuali di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksanaannya ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan ada masih berbasis kertas pensil yang akan dilangsungkan dari 9 April hingga 12 April 2018.

Pelaksanaan UNBK di Kota Kendari tak luput dari pengawasan Ombudsman RI (ORI) perwakilan Sultra.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Ombudsman RI perwakilan Sultra Ahmad Rustan, mengatakan bahwa pelaksanaan UNBK di hari pertama berjalan dengan baik dan tidak ada temuan pelanggaran di dalam pelaksanaan UNBK.

“Kami telah melakukan pemantauan sejak pelaksanaan UN jenjang SMK (sekolah menengah kejuruan) pada 2 April 2018 lalu. Hingga pelaksanaan UN jenjang SMA yang akan berakhir 12 April mendatang,” ungkapnya, senin (9/4/2018).

Ahmad Rustan juga menegaskan secara teknis pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik. Bahkan dengan sistem ujian berbasis digital peserta ujian maupun penyelenggara merasa sangat dimudahkan. “Karena pengawasannya tidak terlalu rumit dan akuntabilitasnya sangat tinggi di banding ujian menggunakan kertas pensil,” ujarnya

“Kita berharap pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar hingg 12 April 2018. Dan tentunya UN 2018 bisa menghasilkan bibit baru generasi bangsa yang siap kerja di kemudian hari yang tentunya untuk kemajuan daerah kita (Sultra, red),” tambahnya.

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.