Sen. Des 9th, 2019

Peduli Lingkungan : HMI dan Puluhan Ormas bersama Kesbangpol Kolaka Gelar Bersih-bersih Pasar

1 min read
img-20191201-wa0086

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Sebagai bentuk kepedulian lingkungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kolaka bersama Ormas maupun LSM seperti PEKAT, GAKI dan Leader melakukan bakti sosial di area pasar. Setidaknya sebanyak 36 ormas berkolaborasi dengan Badan Kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) Kolaka, Sabtu, 30 November 2019.

 

Ketua HMI Umar bersama anggotanya yang berjumlah 18 orang melakukan pembersihan sampah dengan lambang HMI mereka menyatu mengangkat sampah yang cukup banyak namun semangat mereka tetap terjaga hingga sampah yang ada di selokan semua tersapu bersih.

 

Salah satu pengurus HMI Humairah dari FAKULTAS HUKUM USN Kolaka menuturkan mereka sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini apalagi yang namanya kebersihan.

 

“Di area pasar yang kita lihat ini cukup menyita perhatian kita karena banyaknya sampah di mana-mana hingga pemandangan kurang enak mana bau hingga dengan adanya baksos ini kita merasa membantu masyarakat menjaga kebersihan dan berharap kegiatan ini di tingkatkan lagi agar lingkungan terutama di pasar bisa terlihat nyaman dan pengguna bisnis nyaman apalagi konsumen,” harap Humairah.

 

(situasi bersih-bersih yang dilakukan puluhan ormas maupun LSM Kolaka)
(situasi bersih-bersih yang dilakukan puluhan ormas maupun LSM Kolaka)

 

Senada dengan HMI, ketua Gaki PEKAT, DUDI berharap kebersamaan ini jangan berlalu begitu saja dan baksos ini tetap terus dilakukan.

 

“Ini bisa terus dilakukan untuk saling menjaga semangat dan kebersamaan berbagai lembaga,” katanya.

 

Begitu pula Kabag kesbabgpol, Wardi mengatakan sebanyak 300 orang yang hadir pada kegiatan tersebut yang kesemuanya berasal dari 36 ormas yang ada di kabupaten kolaka.

 

“Titik yang kita adakan baksos ini adalah pasar mekobgga dan kedepan bukan hanya di sini bisa jadi kita di titik lain dan saya berharap terus berkelanjutan dan saling mengingatkan bahwa begitu pentingnya menjaga kebersihan pada masyarakat,” terangnya.

 

Ia menambahkan di kesbangpol itu sudah ada bagian yang sifatnya tahap sosialisasi ada kewaspadaan dini ada pks (penanganan komplit sosial) ada timpana (tim pemantau orang asing).

 

“Kegiatan ini sebenarnya kita ingin adakan tepat pada tgl 10 november tapi berhubung padatnya jadwal hingga baru hari ini bisa kita lakukan. Dan kenapa kita lakukan bersama ormas karena kita tidak boleh melihat sebelah mata pada LSM, ORMAS dan PERS karena mereka banyak membantu kita dalam pengenalan pembangunan perkembangan paling tidak kita dapat info dari mereka, dan kalau ada permasalahan kan bisa di sampaikan dulu alias di bacarakan sebelum action kan gitu dan saya lihat hari ini sinergi pemda dan ormas bagus dalam baksos,” paparnya.

 

“Dan mengenai ada sanksi buat yang tidak mengindahkan kebersihan seperti yang kita lakukan itu tidak kita lakukan, kan ada yang mengatur di dalamnya ada kebersihan ada lingkungan hidup, jadi kita hanya mengingatkan agar menjaga kebersihan,” tambahnya.

 

Disinggung mengenai kelanjutan aksi bersih-bersih selanjutnya, kata ia, akan terus berkoordinasi dengan mengadakan pertemuan agar saling membantu.

 

“Mengenai alat yang kita gunakan untuk ini mobil sampah ada 7 kendaraan motor sampah, 9 skop, 20 lori, 10 juga sapu dan angkat sampah kita siapkan, tentang mobil kita siapkan juga cuma kita tidak lakukan hanya persiapan saja kita tunggu lingkungan hidup biar sesuai warna yang di inginkan,” jelasnya.

 

Apresiasi pun diberikan asisten dua dalam baksos tersebut. Menurutnya kegiatan seperti ini sudah lama rindukan kebersamaan pemda dan LSM maupun Ormas.

 

“Kita mitra dan apa yang saya lihat teman-teman sangat menikmati dan membersihkan selokan itu tidak semua orang mau lakukan tapi apa yang kita lihat ormas langsung turun tangan, jadi selanjutnya kita akan lebih tingkatkan lagi bukan hanya sekali setahun tapi kalau bisa volumenya di tingkatkan agar kita terus bersinergi,” tandas asisten dua Pemda Kolaka.

 

 
Laporan : Sri

1 thought on “Peduli Lingkungan : HMI dan Puluhan Ormas bersama Kesbangpol Kolaka Gelar Bersih-bersih Pasar

  1. I’ve read several just right stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting.
    I surprise how a lot attempt you set to create this
    kind of magnificent informative website.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *