Sen. Des 9th, 2019

Pakar Pendidikan Sultra Tolak Wacana Penghapusan UN

1 min read
img-20191204-wa0056

SULTRALINE.ID, KENDARI – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) mengeluarkan wacana bakal menghapus Ujian Nasional 2021 mendatang.

 

Menanggapi wacana tersebut, tentunya ramai mendapatkan tanggapan dari masyarakat Indonesia, salah satunya Pengamat Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) Prof Abdullah Alhadza, yang menolak wacana penghapusan Ujian Nasional tersebut.

 

Menurut guru besar Universitas Muhammadiyah Kendari tersebut, UN merupakan proses untuk mendapatkan pengakuan, jadi kalau mau mendapatkan pengakuan harus siap untuk diuji dengan Ujian Nasional Sehingga ujian di satuan pendidikan seyogyanya tidak dapat digantikan.

 

“Kalau mau diakui secara nasional harus mengikuti UN jadi itu kuncinya, akan terasa aneh apabila ada orang yang ingin diakui secara nasional tapi menolak untuk UN,” ujarnya saat ditemui ruang kerja, Rabu 4 Desember 2019.

 

Sedangkan untuk metode UN sendiri, lanjut ia, tergantung dari orang yang membuat soal karena membuatnya membutuhkan ilmu evaluasi pendidikan,apakah yang dikoreksi terkait kognitif atau psikomotoriknya tentu mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi.

 

“Saya berharap mudah-mudahan Mendikbud RI dapat mengerti persoalan ini, mengingat persoalan UN ini banyak yang tidak setuju, apalagi Menteri sendiri bukan ahli pendidikan” jelasnya.

 

 

Laporan : Hery Hakuryo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *