Sen. Des 9th, 2019

November 2019 Kendari Alami Deflasi 0,36 Persen

1 min read
whatsapp-image-2019-12-02-at-20-34-35

SULTRALINE.ID, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis pada November 2019 Kota Kendari mengalami deflasi sebesar o,36 persen. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Kota Bau-Bau  yang pada bulan november 2019 mengalami inflasi sebesar 0,80 persen.

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh kepala BPS Sultra, Mohammad Edy Mahmud, Senin 2 Desember 2019.

 

“Secara Nasional dari 82 kota yang menghitung inflasi, 25 kota tercatat mengalami deflasi  dan 57 kota tercatat inflasi. Untuk deflasi terdalam tercatat di tanjung pandan provinsi Bangka Belitung  sebesar  1,06 persen,” ujarnya.

 

Menurutnya, deflasi yang terjadi di Kota Kendari disebabkan oleh turunnya indeks harga pada kelompok bahan makanan sebesar 1,67 persen.

 

“Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi itu adalah di dominasi jenis ikan seperti ikan kembung, ikan aso-aso, ikan layang, ikan rambe, cumi-cumi, bawal, ekor kuning, tembang, katamba. Serta sayuran seperti kacang panjang dan daun singkong,” terangnya.

 

Untuk diketahui, deflasi merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan harga-harga barang secara masif dan terus menerus pada periode yang singkat deflasi ini sangat bertolak belakang dengan inflasi yang menyebabkan kenaikan harga-harga barang secara umum.

 

Laporan : Hery Hakuryo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *