Ming. Nov 28th, 2021

Menuju Akreditasi Internasional, LPPMP UHO Gelar Lokakarya yang Dibuka Langsung Rektor

1 min read
img-20211116-wa0024

SULTRALINE.ID, KENDARI – Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar kegiatan lokakarya akreditasi Internasional Lingkungan UHO, di salah satu hotel di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Rektor UHO, Profesor Muhammad Zamrun Firihu dengan tetap memperhatikan Prokes yang ketat.

Menurut Rektor UHO, akreditasi internasional merupakan suatu kewajiban untuk menjadi salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan melalui direktorat jenderal pendidikan tinggi.

Dengan begitu, kata ia, lokakarya yang dilakukan untuk mempermantapkan lagi apa yang selama ini yang telah direncanakan.

“Tentu kita bergerak semoga nanti kedepannya tahun depan atau dua tahun lagi Universitas Halu Oleo bisa memiliki Program Studi (Prodi) yang terakreditasi Internasional,” katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut ia, saat ini UHO sedang menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan, dan diutamakan bagi prodi yang telah memiliki akreditasi A.

“Langkah itu sangat penting sehingga UHO akan mengarahkan Prodi tersebut agar memiliki akreditasi internasional, sehingga sekarang kita susun borangnya dan merencanakan semuanya,” imbuh Mantan Dekan F-MIPA ini.

Senada dengan apa yang diinginkan Rektor, Ketua panitia penyelenggara, Weka Gusmiarty Abdullah mengatakan, hingga saat ini belum ada program studi di UHO yang terakreditasi internasional, namun sebelumnya sudah pernah direncanakan.

Menurutnya, pihaknya sudah pernah ada upaya yang dilakukan, hanya saja pada saat itu mau akreditasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA), namun hanya ada perubahan.

“Saat ini AUN-QA itu tidak lagi merupakan daftar akreditasi internasional yang diakui, jadi kita mencari lagi badan akreditasi mana yang diakui dan strateginya seperti apa makanya kita adakan kegiatan hari ini untuk bisa nanti membantu percepatan, upaya untuk pencapaian indikator kinerja utama dari UHO,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, potensi UHO lumayan besar, karena sampai hari ini sudah ada empat program studi yang akreditasi unggul, kemudian yang akreditasi A sudah ada 25 dari total 111 program studi.

“Tentu kami berharap kedepannya semakin banyak prodi yang meraih akreditasi unggul,” pungkasnya.

Laporan : IS

€sl Promotion

€sl Promotion