June 18, 2019
You can use WP menu builder to build menus

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemilihan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Halu Oleo (UHO), pada Selasa (18/12/2018) berhasil dimenangkan pasangan Sobirin Misbah Sihidi dan Dina Muslimin Ahi

Pesta demokrasi itu dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan BEM Universitas dan BEM Fakultas se UHO melalui sistem teknologi electronic voting (E-voting), Sobirin Misbah Sihidi dan Dina Muslimin Ahi mampu mengungguli lawannya Faisal Akbar dan Abdi Wira

Pasangan nomor urut satu ini berhasil memperoleh suara sebesar 456 suara, unggul 207 suara dari pasangan nomor urut dua, Faisal Akbar dan Abdi Wira dengan perolehan suara sebanyak 249 suara. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) FH UHO keseluruhan adalah sebesar 1.986 orang, namun yang memilih hanya 705 orang dan yag tidak memilih adalah sebanyak 1.263 orang.

Usai pemilihan, Sobirin sangat bahagia karena dipercayakan guna mengemban amanah kelembagaan untuk periode 2018-2019.

Menurut ia, sejatinya kontestasi model semacam ini bagi dirinya adalah langkah yang sangat tepat untuk menempah diri. Bagaimana tanggung jawab dan tugas itu dielaborasi dengan rasa ikhlas dan tulus maka orientasinya adalah karya dan melayani bukan eksistensi secara personal.

“Eksistensi secara personal kami anggap adalah mindset berfikir dan sikap yang sangat konvensional dan ternyata kondisinya sangat akut, sehingga orang-orang yang diamanakahkan lewat demokrasi minimalis (pemira, red) semacam ini menghasilkan karakter pemimpin yang tidak memprioritaskan keluh kesah dan keinginan mahasiswa yang diwakilinya, sehingga berimbas pada keterwakilan aspirasi. Kegiatan-kegiatan yang memperbaiki citra fakultas, bermanfaat dan penuh inovasi tak kunjung terwujud atau terakomodir,” ujar pria yang akrab di sapa Irin ini

Lanjut ia, oleh karena BEM itu berkewanangan sebagai perwakilan mahasiswa pada tingkat fakultas sesuai dengan pasal 34 huruf a Peraturan Rektor UHO nomor 853a tahun 2015 tentang organisasi kemahasiswaan UHO maka terpilihnya ia bisa mampu memperbaiki citra BEM FH pada fragmentasi kekinian.

“Mahasiswa diera sekarang cenderung pragmatis dan skeptis ditambah lagi kelembagaan juga kurang efektif mengadakan dan melaksanakan program-program menarik inovatif dan inspiratif. Sejatinya keberadaan BEM itu adalah wadah mahasiswa seluruhnya, untuk mengembangkan potensi, berkreasi dan menginspirasi sesederhana itu sebenarnya. Kami bisa bekerja dengan baik menghasilkan segala hal tidak terlepas dari sikap koperatif dari pengurus BEM, lembaga semi otonom dan birokrasi FH UHO. Kami harus bejalan beriringan dan solid karena jujur citra fakultas yang baik lahir karena sinergitas dan solid,” tuturnya dengan penuh semangat.

Dikesempatan itu juga, ia berjanji bersama pasangannya serta pengurus yang akan disusun nantinya akan memberikan segala hal yang mereka miliki atau mendikasikan diri untuk melayani , serta menciptakan karya demi fakultas dan tentunya untuk kampus tercinta.

“Kami harus mengakui, sebenarnya telah banyak program-program menarik dan inspiratif dari BEM FH UHO periode 2017-2018 yang dinahkodai La Ode Muh. Zul Fijar sebagai ketua dan Muh. Oktafian Mopangga sebagai wakil lakukan. Semisal diskresi (diskusi sore sembari ngopi) latihan kepemimpinan mahasiswa hukum (LKMH) dan masih banyak lagi. Dan sebagai mahasiswa hukum kami berterimakasih dan bangga atas program-program itu. Tantangan bagi saya dan dina beserta teman-teman pengurus lainya kedepannya adalah melanjutkan atau terus membenahi kekurangan-kekurangan yang ada dan minimal mempertahankan kebaikan yang sudah ada serta yang telah dicapai,” terang Alumni SMA 1 Lawa ini.

Tak lupa juga dirinya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah membantu dan terlibat selama perjalanan berkuliah hingga saat ini.

“Untuk letingku angkatan 2015 terkhusus kelas D, adik-adik angkatan 2016, 2017, dan 2018. Tak lupa juga para senior-senior di fakultas yang telah memberikan saran dan masukan selama ini. Dan terutama keluarga dan terkhusus malaikat tak bersayapku dirumah, sebab aaya selalu mengedepankan ridho Ibu dan keluarga dalam setiap langkah hidupku dan mohon maaf tidak bisa mengucapkan terimakasih kepada satu persatu pihak yang telah mendukung kami mendapatkan rezeki dan amanah ini,” ucapnya begitu haru.

“Saya dan Dina ingin menyampaikan semoga kita semua bisa memberikan yang terbaik untuk fakultas kedepannya dan saya harap mahasiswa hukum tidak sungkan-sungkan untuk berkeluh kesah kepada kami, karena kami adalah wakil dari teman-teman mahasiswa dan moto kami adalah seatap melayani, gelorakan asa bangkitkan karya, sukses untuk kita semua,” pungkasnya

Dijadwalkan keduanya bakal dilantik secera bersamaan dengan BEM Terpilih se UHO diakhir Desember 2018 ini.

 

Laporan : Irdwan Jeko

No Comments