€sl Promotion

€sl Promotion
19/01/2022

Kiprah Ketua TP-PKK dalam Mendukung Kinerja Walikota

2 min read

ADVERTORIAL – Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, selanjutnya di singkat PKK, adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya DARI, OLEH dan UNTUK masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Dengan begitu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) hadir sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak  pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Seperti itulah yang dilakukan Sri Lestari Sulkarnain selaku Ketua TP-PKK Kota Kendari mendukung jalannya roda pemerintahan Kota Kendari.

Banyak kegiatan yang dilakukan guna menjalankan 10 Program Pokok PKK yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Gotong Royong. Pangan. Sandang. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga. Pendidikan dan Ketrampilan. Kesehatan. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Kelestarian Lingkungan Hidup. Serta Perencanaan Sehat.

Dengan semangat itu, di tahun 2021 Ketua Penggerak PKK Kota Kendari semakin intens membantu pemerintahan.

Terbukti Sri Lestari cepat tanggap terhadap memberi Penguatan dan Bantuan kepada Korban kebakaran. Seperti beberapa waktu langsung mengunjungi korban kebakaran di Lorong Tabaci Kelurahan Dapu-Dapura Kecamatan Kendari Barat.

Sembari memberi penguatan sekaligus dukungan atas musibah yang tengah dialami, Ketua TP PKK Kota Kendari bersama rombongan juga menyerahkan langsung bantuan kepada keluarga tersebut. Diakhir kunjungannya, Ketua TP PKK Kota Kendari berharap agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi. Ia juga menyampaikan agar semua pihak yang menjadi korban untuk bisa bersabar dan mengikhlaskan apa yang telah pergi, serta yakin bahwa pemerintah tidak tinggal diam ketika melihat warganya tertimpa musibah.

“Tentu ini harus menjadi penekanan dan perhatian pemerintah, untuk seluruh Camat, Lurah maupun RT/RW, untuk bisa benar-benar memperhatikan kondisi rumah ketika akan bepergian. Namun syukur Alhamdulillah, tidak ada korban nyawa dalam kejadian ini. Sekarang kita hanya bisa mengikhlaskan saja, mudah-mudahan Allah SWT akan menggantikan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.” Ujar Ketua TP PKK Kota Kendari dalam kunjungannya.

Selain itu juga ia juga mendatangi korban kebakaran di Lorong Pajak tepatnya di Jalan Bunga Duri Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga.

Terlihat etua TP-PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si bersama Tagana Kota Kendari serta Dinas Sosial Kota Kendari langsung mengunjungi lokasi pasca kebakaran, sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para korban. “Karena sekarang adalah musim penghujan dan karenanya menyebabkan rawan banjir terkadang juga dapat menyebabkan korsleting pada listrik. Jika menemukan kabel yang terkupas atau potensi korsletnya besar, masyarakat bisa segera melaporkannya kepada pihak PLN.” Ujar Ketua TP-PKK Kota Kendari disela-sela kegiatannya.

Pada kunjungannya, Ketua TP-PKK Kota Kendari kembali menghimbau kepada warganya agar selalu memastikan terlebih dahulu kondisi di dalam maupun diluar rumah ketika hendak beristirahat ataupun saat akan bepergian, baik itu listrik, air, maupun aktivitas yang berhubungan dengan api, demi mencegah terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. Kini untuk sementara waktu para korban tengah mengungsi di rumah sanak keluarga terdekat dan dirumah tetangga sekitar lokasi kebakaran demi memudahkan proses pembersihan puing-puing bangunan.

“Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, jadi apapun masalahnya kita semua harus bantu, kalau ada kejadian seperti ini semua warga harus bisa merespon. Kami juga sebagai warga sekaligus aparat harus bisa saling bekerjasama jika terjadi musibah seperti ini, kita juga harus sesegera mungkin meresponnya, karena besar kecil kejadiannya tetap menimbulkan kerugian, bukan hanya bagi korbannya tetapi semuanya juga ikut merasakan. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, dan bagi para korbannya bisa lebih tabah menghadapinya.” Pungkasnya.

Selama pandemic ini juga Ketua PKK Kendari sering memberikan bantuan. Seperti yang terlihat membagikan bantuan paket sembako kepada masyarakat miskin yang berada di Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Rabu (11/8/2021).

Masyarakat miskin seperti pemulung dan petugas pembersih pekuburan juga menjadi target penyerahan bantuan tersebut.

(Ketua TP-PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain)
(Ketua TP-PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain)

Ketua TP PKK Kota Kendari berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

“Paket sembako ini sendiri langsung kami serahkan kepada masyarakat miskin di Kelurahan Petoaha. Dan ini merupakan bentuk dari kepedulian dan rasa empati kami kepada masyarakat kurang mampu di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, tentu kami berharap bantuan ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka serta masyarakat kita di Kota Kendari,” ungkapnya.

Bunda PAUD ini juga banyak dipercaya memimpin organasisi seperti Gerakan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari untuk periode 2021-2025. Dirinya dilantik langsung Wali kota Kendari pada 4 Oktober 2021.

(Pelantikan GPMB Kota Kendari)
(Pelantikan GPMB Kota Kendari)

Diharapkan dengan hadirnya GPMB mampu meningkatkan minat baca masyarakat terkhusus peserta didik guna mencerdaskan dan membangun masyarakat yang bermartabat

Sri Lestari mengucapkan terimakasih atas dukungan stakeholder yang telah mendukungnya menjadi ketua GPMB Kota Kendari.

Dia mengakui saat ini minat baca masih rendah sehingga GPMB hadir untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca.

“GPMB hadir dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dan minat baca dikalangan masyarakat, salah satu program GPMB dalam meningkatkan kecerdasaan dan kualitas sumber daya manusia ialah dengan minat baca,” ungkapnya.

Sri lestari pun terpilih erpilih sebagai Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) tingkat Kota Kendari Sabtu, (23/10/2021).

Sebagai wadah koordinasi dan konsultasi, Ikatan Pekerja Sosial Kota Kendari telah banyak berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan sosial di Kota Kendari.

(Direcaya Pimpin IPSM)
(Dipercaya Pimpin IPSM)

Atas itu, Sri Lestari Sulkarnain menyampaikan terima kasih kepada semua pihak serta komunitas sosial yang telah bergerak untuk membantu masyarakat di Kota Kendari.

Dirinya juga berharap, nantinya kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk menghadirkan pengurus IPSM yang berkualitas serta dapat menghadirkan keadilan kesehatan, ekonomi kemandirian dan keadilan kesejahteraan.

“Tentu dengan dilaksanakannya temu karya sekaligus Musda dan pemilihan ketua ini, akan menjadikan seluruh pekerja sosial lebih solid, produktif dan lebih banyak menuntaskan terkait permasalahan sosial. Baik dari segi kesehatan, keterbatasan fisik seperti disabilitas atau sakit, bahkan bisa juga terkait pemenuhan hak-hak administrasi, yang tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kota Kendari,” ujar Sri Lestari Sulkarnain.

Ia juga melaunching Pelayanan Keluarga Berencana (PKB) serentak Akseptor dalam rangka meperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke – 28 tahun 2021 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di UPTD Puskesmas Benu- Benua Kecamatan Kendari Barat, Kamis (24/06/2021).

Ia mengimbau kepada penggiat Keluarga Berencana, Kader Keluarga Berencana serta seluruh masyarakat yang hadir dikesempatan itu untuk selalu meningkatkan kewaspadaan serta menjaga diri dari penularan Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan.

“Mari bersama-sama kita sukseskan program vaksinasi di Kota Kendari sehingga dengan ikhtiar tersebut, mudah-mudahan kita bisa keluar dari ujian masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua TP-PKK Kota Kendari mengatakan, Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Olehnya lanjut Sri lestari, keluarga yang sehat dan kuat merupakan modal awal dalam mewujudkan pembangunan tersebut.

Tak hanya itu,  Ketua Penggerak PKK juga aktif meresmikan berbagai kegiatan. Seperti meresmikan 6 TK Negeri Kota Kendari di Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari, Senin (25/10/2021).

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung implementasi peraturan Wali Kota Kendari untuk meningkatkan jumlah lembaga PAUD negeri, agar masyarakat lebih mudah mengakses layanan PAUD.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa, berdasarkan program yang telah mereka susun, bahwa mereka akan mengahdirkan PAUD negeri di 11 kecamatan.

“Berdasarkan program kami, kita akan hadir kan 11 PAUD negeri di 11 kecamatan, ada beberapa pertimbangan, pertimbangan yang pertama agar bisa mengakomodir seluruh anak anak kita secara merata di Kota Kendari,” katanya.

Menurutnya, di sekolah negeri atau sekolah pemerintah segala sarana dan prasarananya yang termasuk tenaga pendidikannya di bawah tanggung jawab oleh pemerintah sehingga, secara otomatis segala hal kesuksesan pelaksanaan pembelajaran proses belajar mengajar dan termasuk tenaga pendidikan menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Alhamdulilah sampai saat ini sudah ada 9 (PAUD) berarti kita masih punya utang dua terhadap anak-anak kita, harapan kita juga terbentuknya TK negeri ini akan mengurai potensi stunting karena di dalamnya akan ada edukasi-edukasi yang akan diberikan dan ini merupakan program nasional dan kita bersyukur dari 12 koma sekian persen tinggal 6,5%,” tutupnya.

Ia juga melakukan penyerahan bantuan Benih Sayuran, Pupuk Organik sekaligus penyerahan hadiah pemenang lomba Demonstrasi Plot (Demplot) BPP se-Kota Kendari tahun 2022 di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kendari, Rabu (13/10/2021).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kota Kendari mengatakan bahwa tanaman, baik buah dan sayur merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan utamanya di masa pandemi untuk menjaga imunitas tubuh dalam menghindarkan diri dari paparan virus.

 “Kita perlu menjaga suplai makanan dalam tubuh baik itu terkait keseimbangan karbohidrat, protein nabati maupun hewani, serta vitamin yang berasal dari sayur dan buah. Hal ini juga sesuai dengan program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), selain berolahraga, mengecek kesehatan secara teratur, tidak merokok dan menjaga kebersihan lingkungan, kita juga harus membiasakan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran.” Terangnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap lomba Demplot ini bukan hanya sekedar lomba tetapi dilakukan dengan asas manfaat, pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun sebagai cadangan di hari mendatang.

 “Saya kira ini lah yang menjadi pertimbangan bagi kita agar dapat membiasakan diri makan makanan yang sehat serta menanam yang mempunyai manfaat baik dari segi ekonomi dan kesehatan.” Tandasnya.

Itulah segala kegiatan Ketua TP-PKK Kota Kendari yang berhasil dirangkum. Dengan keaktifan tersebut membuat roda pemerintahan Kota Kendari berjalan dengan baik.