Kendari Diguncang Gempabumi Tektonik Magnitudo 2,8, BMKG Sebut ini Penyebabnya

SULTRALINE.ID, KENDARI – Kembali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) diguncang gempabumi tektonik, Senin siang (03/12/2018).

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan Magnitudo 2.8, terjadi pada pukul 14:46:28 WITA dengan episenter 4.10 LS – 122.52 BT sekitar 19.3 Km Barat Daya Kendari – Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 10 km.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang hingga keras dirasakan di wilayah Kendari (Anduonohu, Baruga, Mandonga) II-III MMI dan Konawe Selatan (Ranomeeto) dalam skala intensitas III MMI. Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam keterangan persnya.

Ia menambahkan, hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 15:09 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Laporan : Tim Sultraline.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.