Sen. Des 9th, 2019

Kelas Industri, Program Pemerintah Kurangi Pengangguran Lulusan SMK

1 min read
img-20191204-wa0025

SULTRALINE.ID, KENDARI – Kelas Industri merupakan salah satu program pemerintah guna mengurangi Pengangguran untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

 

Saat ini di Sulawesi Tenggara, SMKN 1 Kendari telah mempunyai kelas industri yang akan menamatkan pendidikannya, pada tahun 2020 mendatang.

 

Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua menjelaskan, Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan satu instruksi pada provinsi, untuk mengembangkan SMK sesuai kebutuhan pasar kerja sehingga alumninya sudah harus disiapkan untuk memasuki dunia industri.

“Jadi ada beberapa provinsi dimana SMK nya itu setelah di verivikasi memenuhi syarat untuk di kembangkan, yang di prioritaskan untuk mempersiapkan alumninya dalam memasuki dunia kerja, salah satu programnya yaitu kelas industri yang kurikulumnya disusun bersama di dunia usaha industri ” ungkapnya saat ditemui ruang kerjanya, Rabu 4 Desember 2019.

 

(Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koau)
(Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koau)

 

Selain itu guru dimungkinkan untuk magang pada dunia Industri, hal tersebut dimaksudkan agar ada keselarasan antara kondisi di dunia industri dengan apa yang akan diajarkan kepada siswa, karena selama ini guru hanya mengajarkan teori dan praktek tetapi mereka tidak tau persis tentang kondisi dunia industri yang sesungguhnya.

 

Oleh karenanya, ketika para siswa nanti telah lulus dari kelas industri, mereka akan memiliki sertifikat kompetensi yang diberikan dari dunia usaha industri, disamping ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional.

 

” Hal tersebut merupakan penguat antara alumni alumni kelas industri dan kelas reguler nantinya ” jelas Ali.

 

Seperti diketahui, menurut rilis Badan Pusat Statistik, tingkat Pengangguran didominasi oleh alumni SMK, oleh karenanya dengan adanya kelas industri di SMK, dapat ngurangin tingkat Pengangguran khususnya dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

 

 

Laporan : Hery Hakuryo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *