Kado Akhir Tahun Bagi Pedagang Eks. Pasar Panjang, Pemkot Kendari Gratiskan Sewa Kios di Pasar Wuawua Selama Setahun

SULTRALINE.ID, KENDARI – Nampaknya keluhan para pedagang Eks. Pasar panjang yang enggan berjualan di Pasar Baru Wuawua mulai menemukan titik terang dengan Pemerintah Kota Kendari.

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari Sulkarnain Kadir bersama dengan Sekda Kota Kendari, Kasatpol-PP, dan Pengelola Pasar Kendari mengadakan rapat dengan pedagang Eks. Pasar Panjang di Ruang Rapat Kantor Walikota Kendari, Jumat (28/12/2018).

Dalam rapat tersebut Plt. Walikota bersama dengan jajarannya bernegosiasi dengan para pedagang agar mereka mau pindah ke Pasar Baru Wuawua.

Proses negosiasi tidaklah mudah, pasalnya, para pedagang mengeluhkan beberapa hal, seperti harga sewa yang terlampau mahal ditambah lagi dengan sepinya pembeli, membuat mereka enggan untuk pindah.

 

 

Sebagai tanggapan dari keluhan mereka, Plt. Walikota Kendari memberikan beberapa kebijakan, di antaranya menggratiskan biaya sewa dan biaya lainnya seperti biaya parkir selama setahun. Sedangkan untuk masalah sepinya pembeli, Plt. Walikota berencana untuk menggelar Festival Kuliner agar menarik minat pembeli.

Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang akhirnya para pedagang setuju untuk pindah ke Pasar Baru Wuawua. Para pedagang Eks. Pasar panjang diberi waktu hingga 15 Januari 2019 mendatang jika lewat dari waktu yang telah ditentukan maka dengan sangat terpaksa mereka harus menerima kios mereka dibongkar paksa.

Untuk diketahui, persoalan ini sudah berlarut-larut, bahkan persamalahan ini sudah disampaikan ke pihak DPRD Kota kendari beberapa waktu lalau. Dan sudah sempat melakukan rapat dengar pendapat guna mencarikan solusi terbaik antara belah pihak.

Dengan kebijakan tersebut tentunya membawa angin segar bagi pedagang. Yang memang wilayah Pasar Panjang Bonggoeya mengacu ke RTRW kota kendari bukanlah daerah perdagangan. Makanya kehadiran Pasar Baru Wuawua menjadi tempat proses jual beli. Namun memang dalam perjalanannya keberadaan pasar baru wuawua belum dimanfaatkan sepenuhnya dengan adanya keluhan-keluhan yang telah disampaikan Eks. Pedagang pasar panjang.

 

Laporan : Tim Sultraline.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.