Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi Mendaftar ke KPU, ini Pidato Jokowi

SULTRALINE.ID, = Setelah mendeklarasikan diri sebagai Calon Presiden dan Calon wakil Presiden (Capres-cawapres). Joko Widodo-Ma’ruf Amin pagi tadi, Jumat (10/8/2018) menyerahkan dokumen syarat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU. Jokowi-Ma’ruf didampingi para Ketua Umum (ketum) partai politik (parpol) pengusung.

Terlihat Jokowi mengenakan kemeja putih bertuliskan ‘Bersih-Merakyat-Kerja Nyata’. Sementara Ma’ruf tetap mengenakan sarung sebagai ciri khasnya.

Jokowi dan Ma’ruf Amin tiba pada pukul 09.59 WIB, Jumat (10/8/2018). Di ruang pendaftaran, Jokowi dan Ma’ruf Amin langsung menyalami para komisioner KPU.

Setelah menyerahkan syarat, Jokowi dan Ma’ruf Amin duduk di depan para komisioner KPU yang memeriksa syarat. Ketum-ketum parpol duduk di samping keduanya.

Setelah itu, Jokowi dan Ma’ruf Amin menyerahkan syarat pencalonan ke KPU. Kemudian dokumen-dokumen diperiksa Komisioner KPU setelah kurang lebih 15 menit berkas dinyatakan lengkap.

“Saya ingin mengajak seluruh rakyat RI agar menjadikan proses Pemilu 2019 benar-benar menjadi perayaan kegembiraan dalam berdemokrasi. Di mana setiap orang bisa menunjukkan berdemokrasi dengan kegembiraan, penuh dengan riang gembira,” kata Jokowi seusai pendaftaran capres di KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).

Jokowi berpesan jangan sampai perbedaan politik menjadi hubungan antartetangga menjadi tidak harmonis. Dia mengingatkan aset terbesar bangsa Indonesia adalah persatuan dan kesatuan.

Tak lupa, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang telah mendeklarasikan diri sebagai bakal capres dan bakal cawapres. Jokowi menyebut Prabowo dan Sandiaga merupakan putra terbaik bangsa yang juga ingin berjuang demi Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi dan Ma’ruf Amin lebih dulu ke gedung Joang 45 untuk mengumumkan pencalonan.

“Di pagi yang cerah ini, saya beserta Bapak Prof KH Ma’ruf Amin dari Gedung Joang 45 akan mendaftarkan diri menuju ke KPU. Di masa lalu, Gedung Joang ini adalah tempat di mana para pejuang-pejuang politik kita Bung Karno, Bung Hatta, Adam Malik, semuanya digembleng dari sisi politiknya,” kata Jokowi di Gedung Joang 45.

Jokowi menyebut Gedung Joang mewakili semangat para kaum muda di kala itu untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Dengan alasan itu, dia menilai Gedung Joang sebagai pemantik semangat untuk mengawali perjuangannya berlaga di Pilpres 2019.

“Gedung Joang 45 ini mewakili semangat perjuangan para pemuda yang menyala untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Ini Gedung Joang kita pilih sebagai titik awal untuk memulai perjuangan untuk memenuhi dan mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan pahlawan kita,” terangnya.

 

Sumber: detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.