Jelang Ramadhan, Pantauan Dinas Ketahanan Pangan Kendari Ada Kenaikan Harga Pada Beberapa Komoditi

SULTRALINE.ID, KENDARI – Menyambut bulan suci ramadhan 1439 Hijiriah/2018 Masehi yang tinggal menghitung hari ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melakukan pantauan harga-harga komoditas.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Senin (14/5) melakukan pantauan di 6 pasar di Kota Kendari dan menemukan adanya kenaikan harga pada sejumlah komoditi. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada komoditi cabe merah besar dan cabe kriting, bawang merah, bawang putih, kentang dan ayam.

“Harga cabe merah besar berada pada kisaran harga rata-rata sebesar Rp54 ribu sedangkan cabe keriting sebesar Rp44 ribu, kentang Rp22 ribu per kilogram, Bawang Putih Rp37 ribu kilogram, bawang merah Rp44 ribu. Kenaikan cabe ini mencapai diatas 20 persen dan lebih tinggi dibandingkan tahun 2017,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari Nismawati, saat mengelar rapat bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di aula Pola Kantor Walikota Kendari, Selasa (15/5/2018).

Dari Analisis Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari menyebutkan, lonjakan harga pada komoditi cabe terjadi disebabkan daya simpan komoditi tersebut cukup singkat, sedangkan komoditi bawang merah dan bawang putih serta kentang terjadi akibat tingginya permintaan namun stok barang terbatas karena pasokan barang berasal dari luar Sultra.

“Pantauan kami beberapa tahun terakhir harga cabe akan melonjak hingga bulan Agustus, jadi harganya masih tinggi hingga selesai lebaran idul adha” katanya.

Tambah Ia, tak hanya terjadi kenaikan harga namun beberapa komoditi juga mengalami penurunan harga salah satunya beras.

“Penurunan harga beras di pasar Kota Kendari disebabkan terjadinya panen raya besar untuk wilayah Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan dan Konawe, bahkan data Bulog menyebutkan sekitar 5000 ton beras yang berhasil diserap dari petani,” pungkasnya.

 

Laporan: Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.