Sen. Okt 25th, 2021

Jalin MoU dengan PT. Tiran Group, Ini Harapan Rektor UHO

1 min read
img-20211012-wa0068

SULTRALINE.ID, KENDARI – Guna menghasilkan alumni-alumni yang siap kerja, Universitas Halu Oleo (UHO) terus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta. Terbaru UHO melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Tiran Group di Ruang Rapat Senat UHO, Selasa (13/10/2021).

Penandatanganan MoU dilakukan Rektor UHO, Profesor Muhammad Zamrun Firihu dan Direktur PT Tiran Group, Sattar Taba, yang disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir.

“MoU ini salah satu bentuk dalam mensukseskan program dari Menteri yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Rektor UHO.

Ia menambahkan, salah satu point pentingnya adalah mahasiswa itu diberikan hak untuk melihat dunia luar.

“Maksudnya, yah bisa di dunia kerja, bisa di perusahaan, bisa di lembaga pemerintah atau bisa saja di badan-badan resmi pemerintah maupun dari luar negeri,” ujarnya.

Sehingga, kata Mantan Dekan F-MIPA ini, pihaknya terus berusaha membuat kerja sama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta kemudian BUMN, atau pun lembaga pemerintah dan juga bersama seluruh Universitas yang ada di seluruh Indonesia maupun di luar negeri.

“Setelah MoU ini kita akan ada perkembangan dari berbagai hal setelah munculnya diskusi dan lain sebagainya, sehingga kami akan saling mengetahui potensi masing-masing,” terang Dosen Jurusan Fisika F-MIPA ini.

Menurutnya, langkah itu untuk saling melihat potensi UHO dan PT Tiran, sehingga bisa saling mendukung dan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara UHO maupun PT Tiran itu semakin banyak.

“Tapi paling tidak payung hukumnya itu sudah ada,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur PT Tiran Group, Sattar Taba mengatakan kerja sama dengan UHO itu diharapkan agar setiap alumni dapat berkontribusi di Sulawesi Tenggara melalui industri tambang nikel PT Tiran Group.

“Bukan saja di sini tetapi juga di industri lainnya, seperti pabrik semen, pabrik gula dan lain sebagainya,” tandasnya.

Untuk diketahui Tiran Group merupakan perusahaan raksasa milik Andi Amran Sulaiman (AAS) yang dulu Mantan Menteri Pertanian di Periode Pertama Presiden Joko Widodo. Yang saat ini menanamkan modalnya di Sulawesi Tenggara untuk membangun Smelter di Konawe Utara.

Tiran Group sendiri memiliki macam usaha seperti Pertambangan Nikel, Perkebunan Kelapa Sawit dan Gula, serta bergerak juga dibidang Batubara. PT. Tiran Group.

Laporan : Jamal

€sl Promotion

€sl Promotion