Jalanan Guali – Maperaha Dan Puluhan Rumah Terendam Banjir

SULTRALINE.ID, MUNA BARAT – Sekitar 20 rumah warga di Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), terendam banjir. Selasa (03/07/2018).

Selain rumah warga, jalan lingkar (ring road) yang menghubungkan Desa Guali dan Maperaha juga terendam banjir, hingga melumpuhkan aktivitas warga sekitar.

Bamin Unit Intel Kodim 1416/Muna Serda Hajar saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ini akibat hujan beberapa hari dengan intensitas curah tinggi, mengakibatkan jalan ring road sekitar 500 meter dan 20 rumah terendam air. Warga sekitar tidak dapat beraktivitas akibat banjir tersebut.

“Tidak ada pembuangan air yang dekat dari desa ini, sehingga semakin tinggi curah hujannya debet air semakin tinggi pula, setinggi paha orang dewasa. Akibat banjir tersebut hewan ternak warga setempat seperti ayam banyak yang mati,” kata serda Hajar.

Untuk mengantisipasi agar air cepat surut, Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar, telah menurunkan satu unit eskavator untuk membuat saluran air di sekitar ring road guna mencegah debit air semakin meninggi.

Laporan : Baharuddin Palugu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.