Ming. Nov 28th, 2021

Jadikan Kota Kendari Indah di Malam Hari

2 min read
whatsapp-image-2021-10-25-at-01-06-41

ADVERTORIAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang tengah membangun terus memberikan perhatiannya pada berbagai sektor yang bersentuhan dengan masyarakatnya. Setelah focus pada pembangunan infrastruktur dan Pendidikan. Sekarang pemkot Kendari tengah masifkan Program Kendari Terang.

Program yang telah dimulai tahun 2020 ini akan menyasar 11 Kecamatan se Kota Kendari. program ini merupakan upaya pemerintah kota untuk menjangkau semua warga sekaligus merealisasikan aspirasi masyarakat.

Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan program ini merupakan kolaborasi antara Pemkot dan DPR dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait penerangan lampu jalan.

“Kita Ketahui bersama Kota Kendari inikan Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara yang kemudian wajah dan peforma Kota Kendari ini turut mempengaruhi kesan terhadap Sulawesi Tenggara. Kita ingin betul Kota Kendari ini memberikan kesan yang nyaman dan aman bagi masyarakat terutamanya di malam hari,” ungkapnya dalam acara Talkshow Bersama Sultraline Kamis (21/10/2021).

Terlebih, pemkot Kendari di era kepimpinan Sulkarnain Kadir menyadari betul kebutuhan masyarakat terkait penerangan lampu jalan baik jalan utama maupun jalan-jalan permukiman yang memang selama ini belum ada penerangan jalan.

“Lewat program Kendari terang ini kita menjawab satu persatu permasalahan yang selama ini dikeluhkan masyarakat baik penerangan lampu jalan utama maupun jalan lingkungan warga. Dan alhamdulillah tahun 2021 ini kita semakin masifkan lagi,” ungkap pria yang akrap disapa Sul ini.

Hadirnya program ini sangat disambut antusias masyarakat. Karena dinilai mampu mengurangi kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas. Apalagi wilayah-wilayah yang berada di sudut kota.

“Kita berharap ini bisa mengurangi angka kriminalitas, karena kan di malam hari itu suasananya agak beda ketimbang siang hari, sehingga kejahatan bisa terjadi lebih tinggi di malam hari. Sekaligus juga ini mampu mengurangi kecelakaan lalu lintas karena jalannya bisa terlihat jelas ketimbang pada saat gelap,” paparnya.

Walikota juga menuturkan bahwa program tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan prestasi bersama. Ia pun berharap kedepan seluruh masyarakat Kota Kendari bisa merasakan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah. Bersamaan dengan hal tersebut, ia juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Kendari khususnya Kelurahan Watulondo untuk turut serta merawat sarana yang telah berikan.

“Pembangunan yang kita lakukan semata-mata untuk masyarakat, sehingga ini semua patut kita rawat dan jaga bersama,” harapnya.

Sejauh ini pemkot sudah menyasar kurang lebih 6000 titik. “Total kebutuhannya 6 ribu, tapi kemarin di tahun 2020 Alhamdulillah beberapa yang sudah kita realisasikan,” terang wali kota.

Ia menegaskan program ini akan terus berlanjut hingga di tahun 2022 mengingat sejauh ini masih 70 persen yang telah dijangkau.

“Kita akan terus berupaya melayani masyarakat, dan program ini akan kita teruskan tahun depan dengan harapan semua masyarakat bisa menikmati penerangan jalan ini dan kami terus menerima aspirasi baik lewat RT/RW, DPRD, maupun instasi terkait” pungkasnya.

Ia juga berjanji di akhir tahun 2021 ada kado manis untuk masyarakat Kota Kendari.

Respon Tokoh dan Warga Kota Kendari

 

Atas program itu mendapat dukungan dari sejumlah pihak, salah satunya dari  Tokoh Masyarakat yang juga Mantan Wali Kota Kendari H. Masyhur Masie Abunawas Merespon positif dan Mendukung secara penuh upaya pemerintah Kota kendari Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota terang.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Kendari atas launching Program Kendari terang ini, Sehingga diharapkan yang tadinya kawasan ini rawan terhadap tindak kriminal akan berubah menjadi kawasan aman berkat Program ini,” kata Masyhur Masie Abunawas.

Mantan Wali Kota Kendari H. Masyhur Masie Abunawas ini menambahkan, kiranya Masyarakat dapat Bersama- sama Membantu Program Pemerintah.

“Mari bersama- sama membantu Program Pemerintah dalam mewujudkan Kota Kendari Sebagai Kota Layak Huni Berbasis Ekologi Informasi dan Teknologi, Serta Menjaga dan merawat Fasilitas yang telah di sediakan buat masyarakat jl. Kelengkeng Kelurahan Andounohu kecamatan poasia” Pungkas Masyhur Masie

Begitu juga masyarakat yang sudah mendapatkan program Kendari terang ini. Seperti yang disampaikan Ketua LPM Kelurahan Mangga Dua, Fadli mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Kendari yang menginisiasi program Kendari Terang sehingga lingkungan mereka khususnya RW 01 menjadi terang.

“Kami tentunya sangat berterima kasih kepada Pemerintah terkhususnya ke pak Wali yang telah menghadirkan program ini, sehingga jalan di wilayah kami bisa terang seperti saat ini,: katanya

Begitu pula yang dirasakan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Watulondo, Farida, mengatakan Sebelum program Kendari Terang ini masuk kegiatan masyarakat itu terbatas.

“Sebelumnya kan masyarakat itukan kalau sudah jam 5 sore sudah pada tinggal di dalam rumah, mau keluar kan gelap takut, apalagi kalau hujan sering ada kecelakaan tunggal, jatuh,” ujar Farida.

“Tapi alhamdulillah sekarang sudah terang, sehingga kami sebagai warga tak khawatir lagi ketika beraktivitas di malam hari,” katanya.

Ketua RW 05 Kelurahan Padaleu Kecamatan Kambu La Ode Safiun Arihi mengatakan, warga Kelurahan Padaleu sangat-sangat bersyukur dengan adanya Program Kendari Terang

“Dengan Program Kendari Terang ini, aktivitas warga semakin aman dan lancar dengan adanya pencahayaan lampu, dan kami sangat berterima kasih kepada pemerintah kota dan DPRD,” tutupnya.

whatsapp-image-2021-10-25-at-01-17-52-4

(Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir saat meresmikan Program Kendari terang)

whatsapp-image-2021-10-25-at-01-17-52-3

Warga pun sangat senang dengan adanya program ini, seperti yang disampaikan agung Agung (24) warga Lorong Badak Kelurahan Tipulu yang mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena telah membuat kawasannya menjadi lebih terang dari sebelumnya.

“Dibanding dengan hari-hari sebelumnya warna lampunya kan ini kuning, sekarang putih dan lebih terang lagi, pokoknya mantap dan terimakasih buat pemerintah semoga lampunya bisa seperti ini semua dan Kota Kendari bisa terbebas dari begal,” ungkapnya.

DPRD Dukung Penuh

DPRD Kota Kendari pun sangat support program ini seperti yang disampaikan oleh, Ketua DPRD Kota Kendari H.Subhan, mengatakan bahwa program ini merupakan program yang sangat di dukung oleh DPRD Kota Kendari sebab, hal inilah yang menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Ini merupakan wujud yang telah dicanangkan oleh pemerintah Kota Kendari, ratusan lampu merkuri yang masuk lorong ini akan di launching oleh Wali Kota Kendari,” ungkapnya.

Di tengah kondisi Pandemi COVID-19, kata Subhan, dengan anggaran terbatas ini pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat masih menjadi prioritas.

Menurutnya, program ini merupakan program cerdas yang digagas oleh Wali Kota Kendari.

“Di tahun 2019 kemarin kami merasakan yang namanya rawan begal tapi dengan adanya program Kendari Terang ini InsyaAllah semua lokasi-lokasi yang gelap bisa dipenuhi dengan cahaya dan bisa juga terhindar dari begal dan kejahatan lainnya,” tutupnya.

whatsapp-image-2021-10-25-at-01-17-52-2 whatsapp-image-2021-10-25-at-01-17-52-1 whatsapp-image-2021-10-25-at-01-17-52

Begitu pula Anggota DPRD Kota Kendari LM. Rajab Jinik, mengatakan program ini merupakan inisiatif dari DPRD Kota Kendari, tetapi tidak lepas dari support Pemerintah Kota Kendari melalui Program Kendari Terang.

Kini jalan-jalan lingkungan di kota Kendari tak gelap lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan masifnya program yang digalakkan pemkot Kendari membuktikan Kota Kendari dari tahun ke tahun semakin berkembang, namun tidak melupakan kearifan local yang ada di masyarakat.

Lewat program Kendari Terang ini juga bisa memperindah wajah Kota Kendari sebagai Ibukota provinsi, sehingga menjadi Kota yang Nyaman dan Aman bagi yang berkunjung di Kota bertaqwa ini.

Selain itu juga bisa membuat aktivitas di malam hari bisa lebih maksimal ketimbang pada kondisi gelap.

Upaya pemkot Kendari tersebut perlu didukung penuh semua jajaran masyarakat Kota Kendari dengan menjaga dan merawatnya, sehingga Kota Kendari bisa tumbuh dan maju seperti Kota-kota lainnya yang ada di Nusantara. Terlebih tak terasa usia Kota Kendari kini sudah 190 tahun. Diusia itu menjadikan semangat untuk terus membangun daerah yang sama-sama dicintai.

Apalagi, visi Kendari di Era Sulkarnain Kadir yakni Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi. Serta misi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur dan Menata Wajah Kota

Ditambah lagi sejak Kepemimpinan H. Sulkarnain K, SE, ME dan dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM Periode 2017-2022, sejumlah program yang telah dilaksanakan, utamanya program berbasis informasi dan teknologi. Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipacu untuk menciptakan program pelayanan masyarakat berbasis informasi dan teknologi,diantaranya Layanan Integrasi Kendari atau LAIKA, layanan aduan masyarakat melalui aplikasi e-Humas, SiCantik Cloud yakni aplikasi yang memudahkan pelayanan pada pengurusan izin dan usaha dengan sistem teknologi informasi dan pelayanan satu pintu, e- signature, e-SPPD, SimpleSP2D, SIMSETGIS (Sistem Manajemen Informasi Aset Berbasis GIS), E-Planning, E- Monev, SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian Daerah), SIMPER (Sistem Informasi Persuratan) aplikasi  mempermudah proses administrasi persuratan, JARI (Jaga Kendari) , TP-PNS, SIP-PBB, SIP-BPHTB, SIP-PAD, SIMANTAP.

Sejalan program digitalisasi pelayanan masyarakat, Pemerintah Kota Kendari juga terus berbenah pada program fisik. Sejak awal tahun 2019 Walikota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME. telah menuntaskan dan membebaskan lahan peruntukan jalan serta merevitalisasi kawasan pedestrian, melakukan normalisasi kali serta  saluran air (drainase). Melalui program Bina Marga, Cipta Karya dan SDA, Pemerintah Kota kendari terus meningkatkan jalan di beberapa kawasan dalam kota, diantaranya jalan kawasan Mandonga, Jalan Kawasan Kambu-Poasia, dan Jalan Kawasan Kambu-Poasia-Nambo. Penataan kawasan kumuh melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di seluruh Kecamatan se Kota Kendari.

 

€sl Promotion

€sl Promotion