July 21, 2019
You can use WP menu builder to build menus

SULTRALINE,ID, KENDARI – Tak terasa Idul Fitri 1440 atau lebaran tidak lama lagi. Biasanya ditiap tahunnya warga yang merantau berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran.

 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik lebaran 2019 ini, khususnya pemudik yang melalui jalur laut. Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari menyiapkan armada laut 38 kapal, yang akan mengangkut di tiga pelabuhan laut Kendari.

 

 “Jadi ada 38 kapal yang akan kami siapkan pada arus mudik tahun ini, semuanya terbagi di tiga pelabuhan, yaitu pelabuhan Nusantara jurusan Kendari-Raha-Bau bau, pelabuhan Feri tujuan Kendari-Langara, serta pelabuhan Pangkalan Perahu tujuan Kendari-Ereke-Wanci, dan Kapal malam tujuan Kendari-Raha,” ungkap Kepala KSOP kelas II Kendari, Benyamin Ginting, saat ditemui setelah menggelar rapat kesiapan mudik di Kantor KSOP Kendari, Jumat (17/5/2019).

 

Selain itu, pihaknya juga mensiagakan 70 personel selama arus mudik yang dibantu dengan personel gabungan yang terdiri dari Polsek KP3 Kendari, Lanal Kendari, Polairud Polda Sultra, Basarnas Kendari, KKP Kendari, Karantina Pelabuhan, Pelindo IV Kendari, ASDP dan PT Pelni Kendari.

 

“Kita juga akan menyiapkan kapal cadangan milik Negara, yakni Kapal KPLP, Kapal Basarnas Kendari, Kapal AL,  dan Kapal milik Polairud, jika kondisinya memang dibutuhkan,” ujarnya.

 

KSOP Kendari juga, memastikan kalayakan seluruh kapal laut yang akan berlayar.

 

“Kita sudah melakukan uji kelayakan berlayar untuk semua kapal dan hasilnya sudah dilaporkan di Dirjen Kementrian Perhubungan laut, serta dipastikan semuanya layak untuk berlayar, ” tandasnya.

 

Laporan : Tim

No Comments