October 17, 2019
You can use WP menu builder to build menus

SULTRALINE.ID, KENDARI –Momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2020 khususnya di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai terasa.

 

Apalagi, sampai saat ini sudah bermunculan tokoh-tokoh Muna yang berkeinginan bakal mencalonkan diri sebagai kepala daerah (Kada) dengan tagline masing-masing, namun dari semua bakal calon bupati tersebut belum ada yang berbicara untuk kemajuan sektor pendidikan.

 

Melihat kondisi itu, sekelompok mahasiswa Muna dari berbagai Desa yang tengah kuliah di perguruan tinggi yang ada di Kota Kendari yang tergabung dalam Gerakan Milenial Muna (GMM), menginginkan semua tokoh yang menyatakan siap tampil sebagai Calon Bupati (Cabup) Muna nantinya pada Pilkada tahun 2020 sepatutnya memiliki komitmen dalam sektor pendidikan yakni mampu mewujudkan berdirinya Universitas di Kabupaten Muna.

 

“Karena menurut kami Universitas sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Muna, kita lihat saja setiap tahun penerimaan mahasiswa baru di Universitas Halu Oleo Kendari selalu di dominasi oleh calon mahasiswa baru yang berasal dari Muna, ini menandakan animo masyarakat khususnya generasi milenial Muna untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi semakin meningkat,” kata Renja usai mengadakan diskusi di salah satu warkop Kendari, Selasa (9/7/2019)

 

Alasan perlunya adanya Universitas, lanjut Renja, sebagai kebutuhan yang paling mendasar untuk memajukan pendidikan di Muna sekaligus langkah itu dinilai mampu mengurangi keluarnya uang masyarakat Muna untuk keperluan selama kuliah di daerah lain.

 

“Kami memandang jika di Muna ada perguruan tinggi bertaraf Nasional, maka akan berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi di Muna walau prosesnya butuh waktu yang lama,” ujarnya.

 

“Mengapa para bakal calon bupati harus berani menyatakan siap mendirikan Universitas di Muna, menurut kami dengan begitu kaum milenial Muna tinggal menilai dengan cara apa para calon Bupati Muna mewujudkan berdirinya Universitas bertaraf Nasional di Muna jika mereka berani menjawab tantangan ini. Kami hanya menginginkan Bupati Muna yang terpilih 2020 nanti dapat mewujudkan era baru di Muna dan itu bisa di mulai dari sektor pendidikan dengan berdirinya Sebuah Universitas bertaraf Nasional,” pungkas Renja.

 

Laporan : Irdwan Jeko

No Comments