Gempa Bumi Tektonik Guncang Buton Tengah

14 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, KENDARI – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Buton Tengah, Senin (5/2/2018) pagi. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Kendari, gempabumi ini terjadi pukul 08.12 Wita dengan kekuatan mencapai 3.7 dengan skala ricter.

Gempa ini terjadi sekitar 18 kilometer, bagian Barat Daya dengan kedalaman diperkirakan pada titik 10 Kilometer. Data BMKG juga menyebutkan, gempa ini termasuk kategori II dan tidak menimbulkan potensi Tsunami.

Plh. Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Sumarlin dalam rilisnya menjelaskan, berdasarkan laporan masyarakat gempabumi ini dirasakan di Lakudo, Kabupaten Buton Tengah.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melalui wilayah tersebut,” jelasnya.

Diungkapkannya juga, hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Laporan: Taufik Quraiz Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *