Sen. Des 9th, 2019

FHIL UHO Gelar Seminar NasionaI bertajuk ‘Hasil Hutan Bukan Kayu’

1 min read
img-20191203-wa0002

SULTRALINE.ID, KENDARI – Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) mengadakan seminar Nasional Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Hotel Claro Kendari, Senin (2/12/2019).

 

Dalam Seminar tersebut mengangkat tema ”Peran hasil hutan bukan kayu dalam mendukung pengembangan sentra dan kementerian menuju pembangunan kehutanan berkelanjutan”.

 
Dari pantauan, seminar ini dihadiri oleh keynote speaker dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

 

img-20191203-wa0010

 

Dekan FHIL UHO, Dr.Ir. Aminuddin Mane Kandari,M.Si. mengatakan bahwa tujuan utamanya seminar ini adalah bagaimana mengsosialisasikan kepada semua masyarakat bahwa hutan di Indonesia ini cukup kaya.

 

“Karena selama ini kita mengenal hutan itu hanya hasil kayunya saja yang dieksporasi dan diekspor dan ternyata banyak juga hasil hutan bukan kayu yang harus diekspor misalnya budidaya lebah yang ada dikawasan hutan dan kemudian rotan, sagu dan lain-lain,” ujarnya.

 

“Jadi intinya bagaimana kita melestarikan hutan untuk dalam rangka kita memungut hasil hutan tetapi juga menjaga kelestariannya yang ingin diwujudkan,” sambungnya.

 

Untuk itu, kondisi yang harus dilakukan oleh pemerintah saat ini dalam menghadapi situasi yang semakin iklim global yang semakin tinggi apalagi saat ini sedang dimasuki oleh para tambang –tambang akan mengurus lahan hutan yang ada di Sulawesi Tenggara.

 

“Saya selaku dekan mengharapkan kegiatan ini adalah awal memperlancar program untuk mendapatkan hutan pendidikan dan pelestarian hutan tentunya,” pungkas Dekan FHIL UHO.

 
Laporan : Fira Susanti Anwar
Editor : Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *