Ming. Nov 28th, 2021

Emak-emak di Pesisir Pantai Dapat Pelatihan Kelola Kulit Kerang Jadi Kerajinan Oleh Pemkot Kendari

1 min read
fb_img_1634300938711

SULTRALINE.ID, KENDARI – Puluhan emak-emak yang berdomisili di pesisir pantai Kota Kendari mendapatkan pelatihan pengelolaan Kulit Kerang menjadi Kerajinan Angkatan I (kesatu) yang digelar dalam rangka pelaksanaan Program Perencanaan dan pembangunan Industri Tahun Anggaran 2021 oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, menghadirkan Ketua Dekranas Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain, S.Pd., M.Si. sebagai Narasumber/ Pemateri dalam kegiatan yang berpusat di Hotel Zahra Kendari, Jumat (15/10/2021).

Dalam penjelasannya, Dekranas Kota Kendari menerangkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk melatih masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan pantai untuk bisa mengolah serta membuat desain produk kerajinan kerang dari bahan baku limbah kulit kerang menjadi produk kerajinan yang menarik, indah, dan memiliki citarasa seni yang tinggi.

(Ketua TP-PKK Kota Kendari mendapatkan Cinderamata usai membawakan materi)
(Ketua TP-PKK Kota Kendari mendapatkan Cinderamata usai membawakan materi)

 

Selain itu, ia juga mengungkapkan pelatihan tersebut memiliki manfaat yang cukup besar, selain dapat mengurangi dampak polusi dari limbah kerang, masyarakat juga bisa menambah pendapatan keluarga ataupun meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Menurutnya, pemanfaatan kerang laut merupakan peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan.

“Peserta pelatihan ini merupakan para ibu yang bertempat tinggal di sekitaran pantai, seperti dari Lapulu, Sambuli, Petoaha, Talia, Kendari Caddi, hingga masyarakat dari Kampung Salo. InsaAllah dari pelatihan ini, nantinya para ibu bisa menghasilkan produknya sendiri, mereka juga bisa belajar untuk memasarkan produknya. Selain dijadikan sebagai souvenir ataupun hiasan yang diproduksi secara handmade, tetapi pemanfaatan limbah kerang ini juga dapat menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi masyarakat di daerah tersebut karena keunikannya.” Ungkapnya.

 

€sl Promotion

€sl Promotion