Ming. Nov 28th, 2021

Dulu Terbilang Kumuh, Kini Pemkot Sulap kelurahan Petoaha Jadi Asri dan Indah

1 min read
img-20210907-wa0018

 

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyulap Kampung Bajo yang terletak di Kelurahan Petoaha Kecamatan Nambo menjadi cantik dan asri. Tadinya, kampung ini terbilang kumuh, karena berdekatan dengan Tempat Aktifitas Nelayan yang berada di pesisir

Petoaha kini memiliki taman. Dilengkapi jogging track dan sejumlah sarana olahraga seperti, Bulutangkis, serta tersedia Taman Bunga.

 

(Warga Petoaha, Syukur)
(Warga Petoaha, Syukur)

Pada Selasa (7/9/2021), Syukur ( 56 ) warga Petoaha yang sudah puluhan tahun tinggal di wilayah kampung Bajo Kelurahan Petoaha menjelaskan ke awak media sultraline bahwa dulunya wilayah petoaha ini terlihat semberawut dan kumuh dari tahun ketahun.

 

“Kita bersyukur alhamdulillah saat ini pemerintah kota kendari telah menyulap kompleks tempat tinggal kami menjadi kompleks yang sangat indah. Dengan adanya taman di tiap RW membuat tempat kami semakin cantik,” pungkasnya.

 

Ditempat yang sama ibu Uni ( 47 ) menambahkan, kepedulian Walikota Kendari pada kampung Bajo sangat luar biasa.

 

“Kita warga sangat bahagia punya walikota yang peduli dengan kami,” ujarnya.

(Warga Petoaha, Ibu Uni)
(Warga Petoaha, Ibu Uni)

 

Sementara itu, Terpisah Lurah Petoaha, muhammad ichsan menjelaskan bahwa kelurahan petoaha ini di huni 1.908 penduduk yang terbagi 531 KK, tersebar di 12 Rukun Tetangga ( RT) dan 5 Rukun Warga (RW), mayoritas warga sebagai nelayan (tangkap dan budidaya).

 

“Dengan adanya program penataan kawasan kumuh yang di canangkan oleh bapak walikota hal ini sangat membantu peningkatan sosial ekonomi warganya,” ungkapnya.

 

Ditambahkan pula, kehadiran program pemerintah kota di wilayah kelurahannya sangat berdampak positif bagi warga di lingkungan kelurahan petoaha.

 

“Alhamdulillah dampak sangat positif untuk wilayah kami yang sekarang tertata dengan baik,” tutupnya.

 

Diketahui beberapa waktu lalu pemerintah kota dalam hal ini Walikota kendari, Sulkarnain Kadir menjelaskan bahwa penataan dilakukan untuk menghadirkan lingkungan yang layak huni bagi masyarakat.

 

“Kita menginginkan wilayah pesisir seperti Petoaha menjadi layak huni masyarakat dan tentunya menjadi nilai lebih bagi masyarakat. Kita berharap warga sekitar bisa menjaga dan merawat sehingga kita bisa terus meningkatkan setiap tahunnya,” terang Walikota Kendari, di sela sela diskusi talk show episode 3 bersama kru produksi sultraline.

 

Laporan : Tim Sultraline

€sl Promotion

€sl Promotion