Dorong Perkembangan Pelaku Usaha, Dinas KUKM dan Tenaga Kerja Wakatobi Adakan Pelatihan Kewirausahaan

68 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Setelah mengawali tahun 2018 dengan serangkaian kegiatan yang mengarah pada pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Kali ini Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja, Kabupaten Wakatobi kembali menggelar pelatihan kewirausahaan yang bekerja sama dengan UPTP Balai Peningkatan Produktivitas, Dirjen Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, kepada 40 orang para pelaku Usaha Mikro dan Kecil dari berbagai jenis usaha yang digelar di Hotel Aziziyah Wangsel mulai 12 hingga 16 Maret 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas KUMK dan Tenagakerja, La Ode Boa mengatakan, sebagai daerah yang telah menyandang predikat 10 top destinasi pariwisata Nasional, daya tawar Wakatobi seharusnya tidak hanya bawah lautnya, tetapi juga perlu didukung oleh keindahan atas lautnya

“Keindahan atas lautnya ini antara lain berupa tersedianya beragam produk kerajinan untuk souvenir, aneka kuliner khas Wakatobi, sampai pada penyewaan sepeda, penyewaan perahu sampan/koli-koli, homestay, rumah makan di atas perahu/boti, butik tenun daerah, galery kerajinan pangan olahan dan aneka usaha khas Wakatobi lainnya,” ungkapnya, Senin (12/3/2018)

La Ode Boa berharap agar pelatihan ini bisa mengarahkan wawasan berpikir peserta untuk melihat peluang usaha baru yang menjanjikan.

“Jenis usaha baru yang belum ada di Wakatobi, misalnya rumah makan Khas Wakatobi, yang menyajikan masakan khas seperti: parende, kambalu, heloa sira, luluta, soami, tombole, perangi, kukure, dan colo-colo,” tuturnya

Di akhir sambutannya,  La Ode Boa menyampaikan 2 hal kepada peserta, Pertama, salah satu indikator kebahagiaan adalah memiliki cukup uang belanja.

“Jika ingin punya uang belanja, bukalah usaha, mulailah dgn usaha kecil-kecilan, apa saja. Jangan bermimpi langsung menjadi seorang wirausaha seperti Salsabila atau Rumah Makan Wisata. Kedua, Jika ingin menjadi pemimpin, bukalah usaha baru yang mempekerjakan orang lain. Insya Allah kelak Anda akan menjadi pemimpin atau manajer bagi karyawannya. Rubah mindset, dari selalu memperebutkan PNS menjadi seorang Wirausaha profesional yang akhirnya bisa memiliki karyawan. PNS hanya menerima gaji bulanan. Siapa saja yang hanya menerima gaji bulanan, niscaya tidak akan pernah memiliki banyak uang,” tutupnya.

Laporan: Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.