November 12, 2019
You can use WP menu builder to build menus

SULTRALINE.ID, KENDARI – Jasa Desain Arsitektur dan Interior merupakan peluang bisnis potensial karena tempat tinggal atau rumah merupakan kebutuhan utama dalam kondisi ekonomi nasional negara Indonesia yang mulai meningkat. Peluang Bisnis Interior ini juga memberikan kontribusi cukup lumayan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) seperti mengurangi pengangguran lulusan arsitek yang baru lulus, tukang, pengusaha material, kontraktor interior, jasa transportasi /angkutan barang dan lain-lain, sehingga memberikan kontribusi bagi wilayah yang bersangkutan dengan kehadiran bisnis (UKM) ini.

 

 

 

Menjawab tantangan itu, Cipta Jaya Mas (CJM) hadir di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digawangi seorang mahasiswa Arsitek beserta beberapa pekerjanya yang memiliki kemampuan dan keterampilan dasar interior.

 

 

 

“Alhamdulillah dengan bermodalkan kemampuan dan keterampilan tersebut saya bersama kawan membuat satu kelompok kerja yang kita beri nama Cipta Jaya Mas,” ujar Owner CJM, Johanes Thesa lensy, Selasa (15/10/2019).
Mahasiswa S1 Arsitektur Universitas Halu Oleo (UHO) ini menuturkan usaha yang digelutinya itu memang masih ada kekurangan dengan pekerja yang belum banyak yang membuat waktu pengerjaan memakan waktu yang lama.
“Walaupun pekerja kami sedikit, tapi tidak mempengaruhi kualitasnya. Kemudian harga lebih murah dari usaha yang lain,” imbuhnya.

 
Johanes menjelaskan prospek usahanya pada awalnya hanya mempekerjakan 1 orang karena meningkatnya permintaan ia menambah 2 pekerja lagi.

 
Sambung ia, untuk pemasaran dengan menyebar brosur, memanfaatkan media sosial (medsos) Instagram dan Facebook,  ada pula bantuan dari dosen, serta manfaatkan kenalan maupun kerabat.

 
“Alhamdulillah seiringnya waktu usaha ini mulai berkembang dengan menyewa suatu workshop sebagai tempat kerja. Hingga penghasilan Perbukuan saat ini mencapai 7 Juta Rupiah. Untuk pemesanan bisa kunjungi tempat kami di Jalan Mekar lorong Soraya II atau kunjungi media sosial kami yakni IG Cipta jaya_Mas dan Cipta Jaya, serta bisa menghubungi WA maupun telepon di nomor 0812 4066 2005,” terang mahasiswa tingkat akhir ini.

 

 

 

(Pemilik usaha CJM, Johanes Thesa)

(Pemilik usaha CJM, Johanes Thesa Lensy)

 

 

 

Disinggung mengenal kendala yang sering dihadapi, kata ia, biasanya permasalahan ada pada bahan yang telah di pesan di luar agak lama tiba di tempat usaha, sehingga membuat keterlamatan pekerjaan 1 hari.

 

 

 

“Karena bisnis interior seperti ini sangat jarang di kendari, banyak pelanggan yang kaget dengan harga yang diberikan. Banyak yang menawarkan pekerjaan tetapi pekerja kami masih kurang,” bebernya.

 

 

 

“Produk yang kami tawarkan itu dari gambar perencanaan, RAB penawaran,
plafon dan rangka baja ringan, kitchen set, kamar set, interior kantor, Interior hotel, instalasi listrik, tralis jendela
pagar rumah dan pembuatan maket,” lanjutnya.

 

 

 

(desain yang telah dikerjakan CJM)

(desain yang telah dikerjakan CJM)

 

img-20191016-wa0021

img-20191016-wa0012

 

 

 

Walau terbilang baru, namun Cipta Jaya Mas telah terbukti dengan dipercayakan dari beberapa kampus dan kantor seperti Stie 66 Kendari, Kantor BPJS Kendari fakultas FIB UHO Techno’s Studio, LPJK Sultra, Minisoo Lippo Plaza Fresh Line Laundry dan masih banyak lagi.

 

 

 

“Alhamdulillah saat ini kami sedang mengerjakan suatu proyek apotek. Dan berencana akan menambah pekerja. Kami juga sekarang memperluas sedikit bidang usaha bukan cuma di Interior, tetapi juga merambah pekerjaan las dan kelistrikan dengan bekerja sama dengan ahli mesin dan listrik,” pungkasnya.

 
Laporan : TIM

No Comments