€sl Promotion

€sl Promotion
19/01/2022

Buka Pelatihan Dan Pembekalan Linmas, Kasat Pol PP Mubar : Inilah Tugas Dan Fungsi Linmas

1 min read

SULTRALINE.ID, MUNA BARAT – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara ( Sultra ) mengadakan pelatihan dan pembekalan Linmas, guna menjaga ketentraman dan stabilitas masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh linmas utusan Desa dan Keluraha di seluruh Muna Barat.

La Ode Sagala (Kasat Pol PP Muna Barat ), mengatakan pada dasarnya, linmas mempunyai fungsi dan tugas yang sangat penting dalam menjaga wilayah masing-masing.

“Satlinmas itu mempunyai tugas yang sangat penting. Diantaranya menjaga keamanan dan ketentraman, kenakalan remaja, penanggulangan bencana, yang terjadi di wilayah masing-masing,” Ungkap Sagala, saat membuka pelatihan dan pembekalan Linmas di aula kantor Pol PP Mubar, Rabu (03/11/2021).

Kata Sagala, dalam menjaga keamanan dan ketertiban linmas pempunyai peranan yang sangat penting, dimana mereka berbaur langsung di masyarakat, makanya perlu adanya pelatihan dan pembekalan Linmas.

“Semua yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat menjadi tanggung jawab linmas,” ujarnya.

Lanjut Sagala, dalam menjalankan tugasnya, linmas agar selalu bekerja sama dengan kepala Desa dan Lurah di wilayah masing-masing, dan jika dianggap membahayakan, maka langsung di laporkan kepada Polsek terdekat.

“Saya berharap kepada linmas, agar selalu eksen di lapangan sehingga keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat kita atasi sebagai mana yang diharapkan, tutupnya alumnus UNIMA ini.

Sementara itu, di tempat terpisah Kapolres Muna, melalui Kabag OPS Ponco Direjo, mengatakan kegiatan pelatihan ini, untuk menjaga Kamtibmas, baik kegiatan sosial kemasyarakatan, maupun kegiatan keagamaan.

“Linmas sebagai bentuk kekuatan rakyat yang siap di latih secara professional, agar setelah kembali ke masyarakat bisa menjaga Kamtibmas,” pungkasnya.

Laporan : Abduh La Ode