Begini Cara Generasi Milenial Kritik Pemda Wakatobi

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hijau Hitam Wakatobi Cabang Baubau gelar kegiatan lomba pidato ilmiah dan musikalisasi puisi tingkat pelajar dengan tema ‘Kritik generasi milenial terhadap pemerintah daerah (Pemda) kabupaten wakatobi, Jum’at (21/09/2018).

Lomba yang digelar di kaffe Dian Mutiara, kecamatan Wangi-wangi tersebut diikuti oleh 13 peserta dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sederajat dan 13 peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat.

Sesuai dengan tema yang diberikan panitia, para generasi milenial dari tingkat pelajar banyak menyinggung dalam pidato mereka tentang dunia pendidikan hingga masalah penegakan hukum yang ada di Wakatobi.

“Tema yang kami buat pada hari ini bukan maksud kami untuk menyalahkan pemerintah daerah melalui kritikan yang dibuat oleh adik adik SMA dan SMP melainkan hanya untuk membangkitkan jiwa kritik yang membangun sehingga kita semua menjadi generasi yang cerdas dan kompetitif,” terang Ketua Panitia, Toni Darmanto.

Setelah dilaksanakan lomba, Juara Lomba Pidato Ilmiah Tingkat SMA/Sederajat dipegang oleh Dicki Febrian dari SMAN 5 Wangi-wangi dengan mengambil juara III, Krisna dari SMAN 2 Wangi-wangi Juara II, dan Posisi Juara Pertama diraih oleh Anggun dari SMAN 2 Wangi-wangi.

 

Sambutan Ketua Panitia

 

Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMA/Sederajat, Juara III diraih Putri Zhaskia Maharani dari SMAN 1 Wangi wangi, Juara II diraih oleh Nur Azizah Al Hidayat dari SMKN 1 Wangi-wangi, Serta Juara Pertama diraih oleh Wa Listiani dari SMAN 2 Wangi-wangi.

Juara Lomba Pidato Ilmiah Tingkat SMP/Sederajat dipegang oleh Anisa dari SMPN 4 Wangi-wangi dengan mengambil juara III, Wulan Saputri dari SMP 3 Wangi-wangi Selatan Juara II, dan Posisi Juara Pertama diraih oleh Elvi Hasta Rina dari SMPN 3 Wangi-wangi.

Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMP/Sederajat, Juara III diraih Rizki Amalia Putri Anowa dari SMPN 1 Wangi wangi, Juara II diraih oleh Wa Ode Intan Kurnia Dewi dari SMPN3 Wangi-wangi, Serta Juara Pertama diraih oleh Caca Novriyanti dari SMPN 3 Wangi-wangi Selatan.

“Dari segi lomba pidato ilmiah indikator penilaian yang kami lihat adalah bagaimana siswa itu menyampaikan, intonasi, artiklasi, Kesinambungan antara judul dan isi pidato, serta penguatan teks,” ujar Adiyanto selaku juri.

Sedangkan untuk musikalisasi Puisi kata Dia, hanya ada tiga indikator penilaian yakni Penghayatan, gerak tubuh, serta Vokal.

 

Laporan: Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.