Sab. Jan 23rd, 2021

Bank Muamalat KCP Baubau di Somasi, ini Penyebabnya

1 min read
(ilustrasi)

(ilustrasi)

SULTRALINE.ID, BAUBAU – Merasa sangat dirugikan, debitur melalui kuasa hukum secara resmi melayangkan Somasi (teguran hukum) kepada PT Bank Muamalat KCP Baubau terkait dengan tidak diindahkannya surat permintaan dokumen termasuk di dalamnya dokumen mengenai objek jaminan milik Debitur atau Nasabah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Baubau, pada Selasa 14 Juli 2020.

Kuasa hukum debitur, Dedi Ferianto, SH menjelaskan bahwa pokok permasalahnya adalah objek jaminan milik kliennya berupa tanah dan bangunan disertai sertifikat hak milik yang diserahkan kepada pihak Bank Muamalat saat Akad Perjanjian Kredit dilakukan kini telah beralih atau dalam penguasaan pihak lain tanpa pemberitahuan atau sepengetahuan debitur.

“Berdasarkan hal tersebut, untuk mendapatkan informasi yang berimbang dan objektif, Selaku kuasa hukum Debitur pada tanggal 26 Juni 2020 kami telah mengirim surat permintaan dokumen kepada pihak Bank, jumlah dokumen yang kami minta sebanyak 19 dokumen, salah satu didalamnya adalah dokumen risalah lelang objek jaminan,” ungkapnya kepada Sultraline, Jumat (17/7/2020).

(Kuasa Hukum Debitur, Dedi Ferianto, SH)
(Kuasa Hukum Debitur, Dedi Ferianto, SH)

 

Somasi itu, kata Dedi, pihaknya ingin tahu apakah tindakan pihak bank yang mengalihkan objek jaminan a quo ke pihak lain telah sesuai prosedur lelang sebagaimana ketentuan perundang-undangan atau tidak.
Padahal, lanjut ia, sebagaimana ketentuan yang diatur dalam Pasal 6 UU No.4/1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan Dengan Tanah. Namun hingga somasi ini dikeluarkan, tidak ada jawaban dari pihak Bank.

“Oleh karena itu, melalui surat somasi ini kami mengultimatum pihak kreditur dalam hal ini Bank Muamalat KCP Baubau untuk memberikan segala dokumen yang berkaitan dgn klien kami selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah surat diterima. Jika tidak diindahkan kami akan menempuh segala bentuk upaya hukum yang perlu, penting dan berguna untuk kepentingan hukum klien kami,” bebernya.

Hingga berita ini ditayangkan awak media masih mencoba menghubungi pihak Bank.

Laporan : TIM

5 thoughts on “Bank Muamalat KCP Baubau di Somasi, ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

€sl Promotion

€sl Promotion