Bangunan Rumah Tinggal di Wakatobi Banyak yang Tak kantongi IMB

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Kesadaran masyarakat mengenai izin mendirikan bangunan (IMB) rupanya harus lebih di tingkatkan lagi. Pasalnya di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), masih banyak bangunan yang belum memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB) dalam mendirikan bangunan.

La Aliwangi Kepala Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wakatobi, mengatakan bangunan yang tidak memiliki IMB didominasi oleh bangunan yang berada di Wakatobi dua

“Terkhusus untuk bangunan baru dibuat kalau untuk wilayah Wangi wangi sudah banyak yang memiliki IMB, cuma yang di wlWakatobi dua seperti Kaledupa, Tomia serta Binongko masih sedikit yang memilki IMB” ucapnya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (02/04/2018).

Ia menegaskan, bagi pemilik bangunan yang tidak memiliki IMB agar segera mengurus. “Banyak bangunan lama yang tidak punya IMB, meskipun begitu tetap harus mengurus IMB,” tegasnya.

“Ijin mendirikan bangunan ini banyak manfaatnya, bagi pengusaha yang mau meminjam modal dibang biasanya pihak Bank akan mempertanyakan IMB nya” tambahnya.

Untuk diketahui, Ijin Mendirikan Bangunan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PermenPUPR) nomor 05 tahun 2016 tentang izin mendirikan bangunan gedung.

Laporan: Samidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.