Sen. Okt 25th, 2021

Bangun Sarana Flying Fox di TPAS, Pemkot Kucurkan Dana Rp300 Juta

1 min read
Asrun

SULTRALINE.ID, KENDARI – Setelah sebelumnya Pemerintah Kota Kendari mengembangkan kawasan Tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Puuwatu menjadi area sumber energi berbasi bio gas, kini Pemkot kembali mengembangkan kawasan tersebut untuk menjadi area wisata untuk masyarakat.

Pengembangan ini ditandai dengan diresmikannya arena wisata berupa permainan Flying Fox di TPAS, Kamis (5/1/2017) oleh Walikota Kendari, Asrun bersama Ketua DPRD, Syamsudin Rahim serta beberapa SKPD lingkup Pemkot.

Dalam sambutananya pada peresmian ini, Asrun menjelaskan, program flying fox di TPAS ini telah direncanakannya sejak di tahun 2016, namun baru pada awal tahun 2017 ini bisa diresmikan. “Kita resmikan, agar daerah TPAS ini bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata alam untuk masyarakat,” jelasnya di TPAS Puuwatu.

Untuk membangun sarana flying fox ini, Pemkot menggelontorkan dana sebesar Rp 300 yang bersumber dari APBD. Dana ini merupakan anggaran yang sudah dialokasikan Pemkot untuk pengelolaan TPST sebesar Rp 500 Juta. “Untuk Flyng Fox Rp 300 Juta dan sisanya untuk menguruk sampah Rp 100 juta dan pembuatan talut Rp 100 juta. Jadi total secara keselurahan sebesar Rp 500 juta,” jelasnya.

Untuk penggunaan flying fox, masyarakat yang ingin menggunakan sarana wisata tersebut tidak akan dipungut biaya selama tiga bulan kedepan. “Kami akan mengratiskan bagi masyarakat yang ingin merasakan flying fox karena Pemkot berharap masyarakat bisa menikmati wisata alam di TPAS ini,” ujar Asrun.

Selain program ini, Pemkot berencana menyelesaikan sejumlah program lain di Kota Kendari, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan sejumlah saran nalinnya.

“Masih ada program yang sedang berjalan misalnya pembangunan terminal, pembuatan jalan ring road, pembangunan gedung DPRD, pembangunan Rumah sakit kendari, dan ada juga program smart point yang perlu kita tambah seperti, pembuatan air mancur di sekitaran kawasan teluk kendari,” pungkasnya.

Laporan: La Irdwan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

€sl Promotion

€sl Promotion