March 25, 2019
You can use WP menu builder to build menus

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Guna membangun jiwa enterprenuer generasi milenial dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi menuju revolusi industri 4.0, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilasbelas November (USN) kolaka menggelar seminar dan expo kewirausahaan, di auditorium kampus USN.

Kegiatan tersebut itu dilaksanakan selama dua hari, yakni 8-9 Januari 2019. Menurut salah satu panitia, Riswandi Gunawan, di hari pertama akan dimanfaatkan untuk seminar dan di hari ke dua untuk kegiatan expo.

“Kegiatan ini bertujuan membuka pikiran mahasiswa bahwa bila lulus nanti bukan hanya cita-cita jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) saja tapi kita bisa berwirausaha, dengan bakat yang ada, artinya bisa menciptakan lapangan kerja, sehingga lewat seminar dan expo ini kita bisa mengembangkan bakat dengan membuka usaha lebih kreatifitas dan inovatif yang telah kita dapat,” paparnya, Selasa (08/01/2019).

Lebih jauh ia menuturkan, bahwa kegiatan ini memang diadakan mahasiswa Fisip dikarenakan Fisip memang memiliki jurusan akuntansi dan menajemen, serta salah satu mata kuliah adalah tentang kewirausahaan, namun pihaknya melibatkan peserta secara umum mengikuti kegiatan ini.

 

(Ketgam : Riswandi Gunawan selaku panitia)

 

Terkait pendanaan, kata Riswandi,  berasal dari sponsor yang membantu. “Adapun masalah dana itu dari dana matrjks yaitu 0%, namun gimana cara kita bisa dapatkan dana yah kita libatkan sponsor yang jumlahnya ada lima,” ucapnya.

Tentunya dalam kegiatan ada kendala, lanjut Ia, masalah yang ada hanya panitia karena soal waktu dalam membantu kegiatan ini karena suasana saat ini kan sibuk kuliah teman-teman, jadi peserta seminar ketika usai dari panitia akan memberikan kenang-kenangan.

“Peserta yang mengikuti itu jumlahnya sebanyak 125 orang dan panitia yang terlibat sebanyak 11 orang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk di hari kedua ikegiatan expo, peserta akan membuat berupa makanan dengan kreasi dan inovasi masing-masing, begitupula selanjutnya.

“Kegiatan ini bukan hanya sampai di sini saja tapi akan berkelanjutan bukan hanya di kampus tapi mereka bisa bersaing dengan jajanan yang ada  di luar dan kita akan adakan kalau bisa setiap senin pasar jajanan, sehingga bukan hanya pada expo saja tapi berkelanjutan biar produknya bisa terus berkembang, dan untuk saat ini hanya di lingkup kampus saja. Sekali lagi bagaimana teman-teman dari Fisip bisa berlanjut kegiatan ini menjadi jiwa kreatif dan inovatif dalam kewirausahan,” pungkasnya.

 

Laporan : Sri

No Comments