Sel. Des 10th, 2019

Balitbang Adakan Pameran Harteknas 2019 Usung Tema ‘Dengan Iptek dan Inovasi Kita Perkuat Pilar Masyarakat Sultra yang Mandiri dan Berdaya Saing’

1 min read
img-20191130-wa0007

SULTRALINE.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mengadakan pameran dalam rangka memperingati hari kebangkitan teknologi Nasional (HAKTEKNAS) yang bertemakan ‘Dengan Iptek dan Inovasi, Kita Perkuat Pilar Masyarakat Sultra Yang Mandiri dan Berdaya Saing’ bertempat di GOR Bahteramas, Sabtu 30 November 2019.

 

Dalam kegiatan tersebut banyak menampilkan berbagai macam lomba salah satunya lomba line follower (robot yang bisa bergerak mengikuti jalur panduan garis).

 

Dari pantauan, pameran ini menunjukan keahlian dari parah Pelajar yang mengikuti Lomba line follower, dalam mengaduh kepiawaian dan kehebatan robot yang diikuti para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kota Kendari.

 

Kepala Balitbang Sultra, Dr Sukanto Toding, mengatakan pameran teknologi tahun ini menyediakan sebagaimana beberapa stand yang ada di sekitar GOR ini, dengan focus Pameran, diantaranya, Diseminasi 3-Proyek Strategis, yakni Jalan Poros Pariwisata Kendari-Toronipa, Pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Perpustakaan Daerah bertaraf Internasional.

 

“Disadari, meskipun ketiga proyek tersebut, masih dalam tahap pembangunan, namun pada di Event Pameran ini, Pemerintah Provinsi, berkesempatan membuka inforamasi yang seluasnya mengenai penerapan teknologi yang dilakukan, target2 pencapaian hingga manfaat yang akan diperoleh jika ketiga Proyek strategis ini telah dapat difungsikan,” ungkapnya.

 

(Lomba pacu Robot yang diikuti pelajar SMA se Kota Kendari)
(Lomba pacu Robot yang diikuti pelajar SMA se Kota Kendari)

 

Selain itu, tema lain yang ditampilkan adalah Sosialisasi Simulasi penggunaan Robot untuk membantu fungsi pelayanan, yang dikoordinasi dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Haluoleo.

 

Lanjut ia, kemudian ada pula teknologi pangan yang bersumber dari bahan-bahan organik, hingga teknologi pemanfaat barang-barang bekas yang dapat digunakan kembali (reuse atau recycle).

 

“Disamping kegiatan ameran, juga dilaksanakan kegiatan seminar dengan peserta ytama para Kepala Sekolah dan guru-guru dengan mengambil tema pembudayaan teknologi bagi generasi muda untuk membangun masyarakat yang mandiri dan Berdaya saing. Agenda ketiga adalah lomba kreatifitas siswa sebagai ajang pembudayaan teknologi, bagi tingkat SD, SLTP dan SLTA Se Kota Kendari. Adapun tema teknologi yang dilombakan adalah lomba pacu robot tingkat SLTA, yang tahun ini dipake lintasan pacu dengan nama GARBARATA, sesuai strategi Program Pembangunan Bapak Gubernur Sultra,” pungkasnya.

 

Sementara itu salah satu peserta lomba pacu robot dari MAN 1 Kendari mengatakan sengaja mengikuti kegiatan Hakteknas untuk menunjukkan robot buatannya.

 

“Kami sudah sering mengikuti lomba seperti ini, jadi kami sudah mengetahui tata cara nya. Disitu ada penilaian kekuatan daya tahan robot, kita menggunakan aplikasi,” kata Muhammad Rajab.

 
Laporan : Sahrul Ramadan
Editor : Irdwan Jeko

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *