Jum. Feb 28th, 2020

Ayu Arnianti Asisten Dosen Praktikum USN : Nilai Tergantung Keseriusan Mahasiswa

1 min read
img-20200104-wa0031

SULTRALINE.ID, KOLAKA – Ayu Arnianti selaku asisten dosen mata kuliah Kimia, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tengah sibuk memberikan arahan kepadaada mahasiswa(i) di depan area fakultas nya.

 

Terlihat beberapa penimba ilmu dengan berbagai jurusan seperti kimia, teknik, farmasi dan akper mengikuti praktek di bawa bimbingan Ayu salah satu asisten dosen yang berhijab ini, Sabtu 4 Januari 2020.

 

Ia asisten dosen yang masih menimba ilmu menuturkan, kegiatan hari ini ada 3 bagian kegiatan yakni pertama percobaan elektronik yaitu menguji beberapa larutan. Kedua percobaan clorosit dan ketiga percobaan reaksi asam basa.

 
“Jurusan ini teknik sipil dan sebelumnya yaitu jam pertama ada teknik sipil kelas A dan sekarang teknik sipil kelas B. Jadi hari ini ada 3 kelas itu adalah kelas A, B dan C untuk mahasiswa teknik sipil untuk semester 1, ini merupakan salah satu mata kuliah dan mereka berkelompok dan tergantung dosen di bagi berapa kelompok,” terang Ayu.

 

img-20200104-wa0032

 

Menurutnya ada sekitar 10 kelompok, dimana untuk kelompok percobaan 1 dan 2 juga percobaan 3 yang tergabung ada kimia, teknik dan farmasi serta akper hari ini menjalani praktikum yang semuanya dari Fakultas Sains dan Teknologi.
Di tanya cara menghadapi mahasiswa, Ayu mengatakan, semua tergantung dari caranya masing-masing dengan sedikit bermain-main namun tegas.

 

“Tapi kalau berjalan dengan baik yah semua akan baik dan cara saya menilai mereka itu dari kreaktifitasnya saat mereka praktikum mereka harus aktif, untuk yang tidak aktif pointnya kurang dan juga ada namanya respon pintu, itu di berikan pertanyaan. Jadi sebelum masuk praktikum mereka harus respon dulu menjawab pertanyaan dari asisten jika bisa menjawab baru bisa masuk praktikum tapi kalau tidak, di suruh belajar dulu,” katanya.

 

img-20200105-wa0030

 

 

Yang dinilai itu, lanjut ia keaktifan yang responnya bagus dan yang tidak aktif pasti beda penilaian yang trtap ada aturan sendiri.
“Kemudian dalam praktek itu dalam sebulan tergantung kalau seminggu ada satu yah kita praktek karena biasanya satiap minggu ada satu percobaan karena dalam sebulan kadang ada 3 percobaan jadi seminggu di adakan sekali, kemudian asisten yang mengajar kimia ada 4 dan saya di sini sudah mengecap ilmu selama 2 tahun sambil kuliah,” ucapnya.

 

Ayu juga berharap dalam praktikum bisa berjalan dengan baik tidak ada kesalahan dalam praktikum dan lancar, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Mengenai nilai tinggi yang pasti punya kriteriia, beberapa mahasiswa yang ikut dari jurusan sainstek menuturkan praktek ini dilaksanakan di Tanggetada (Kampus baru USN) namun asisten dari jurusan kimia murni, sehingga harus dilaksanakan di kampus lama.
“Disini jadi kita konsul di kimia murni dan kesiapan untuk pindah udah mantap bahkan kami mau segera pindah, pokoknya kita semangat mau pindah,” katanya.

 

Keempat mahasiswa Sainstek berhijab ini sangat ingin punya kampus baru.

 

“Semoga cepat terlaksana sudah bosan di sini,” tandasnya.

 
Laporan : Sri

10 thoughts on “Ayu Arnianti Asisten Dosen Praktikum USN : Nilai Tergantung Keseriusan Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *