Anggota DPD RI Apresiasi Tradisi ‘Fuma-Fuma’a’ di Buteng

 

SULTRALINE.ID, BUTENG – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Waode Hamsina Bolu, menghadiri Tradisi ‘Fuma -fuma’a’ yang gelar tiap tahunnya masyarakat Desa Baruta Analalaki, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (02/07/2018).

Budaya ini merupakan salah satu tradisi leluhur yang harus dipertahankan masyarakat Buteng, yang bisa mempererat tali silaturahmi masyarakatnya.

 

Tradisi Fuma-fuma’a

 

Anggota DPD RI,Wa ode Hamsina Bolu menuturkan, Tradisi seperti ini harus bisa dipertahankan demi kemajuan suatu daerah selain itu pemerintah juga harus bisa berperan penting memperhatikan pelayanan publik meskipun kita tahu Buteng merupakan Daerah otonom baru yang anggarannya sangat terbatas.

“Ini merupakan tradisi tahunan yang patut di apresiasi dan dipertahankan karena lewat acara ‘fuma-fuma’ silatuhrami sesama masyarakat Buteng terjalin dengan baik,” tuturnya pada awak media, usai acara Fuma-Fuma’a, Senin, (02/07/2018).

Lanjut Anggota DPD RI Komite II Bidang infrastruktur menambahkan, Selain itu Pemda Buteng juga bisa menentukan arah pembangunan prioritas sehingga kami yang duduk di DPD RI bersinergi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Buteng di Nasional yang juga mitra perhubungan dan kementrian SDM.

“Saya harap pemerintah bisa memperhatikan seperti akses jalan raya, infrastruktur listrik dan sarana prasarana pendidikan karena dalam memajukan suatu Daerah merupakan pekerjaan kita bersama yang harus bersinergi dengan Pemerintah.” tutupnya.

Pantauan Sultraline.id, acara Fuma-Fuma’a ditutup dengan ritual mangaru yang bertujuan sebagai Doa harapan keselamatan kampung, menambah rezeki dan tolak bala. Juga ada pertunjukan silat kampung baruta serta panjat pinang berhadiah bagi usia anak-anak.

Laporan: Baharuddin Palugu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.