Ketentuan Sultrasiana

24 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SULTRASIANA adalah halaman yang menjadi bagian dari situs web (website) www.sultraline.id untuk menampung, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan dari pembaca dalam program jurnalisme warga.

Melalui SULTRASIANA, warga diharapkan dapat berperan sebagai subjek atas sasaran informasi yang ingin disampaikan dengan membuat laporan berupa tulisan, dan foto yang memenuhi aturan isi SULTRASIANA untuk selanjutnya ditayangkan di situs web www.sultraline.id jika memenuhi ketentuan dimaksud dibawah ini.

  • Ketentuan isi SULTRASIANA
    Untuk menjaga visi sebagai ruang terbuka bagi warga untuk menyampaikan berbagai pendapat serta gagasan maka perlu dibuat beberapa ketentuan yang bersifat mengikat sebagai acuan dalam penulisan di SULTRASIANA.
  1. Materi tulisan atau foto yang dikirimkan ke redaksi SULTRASIANA harus selaras dengan nilai kesusilaan, ketertiban umum, dan Undang-undang yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pedoman Pemberitaan Media Siber, dan ketentuan ini.
  2. Bersedia bertanggung jawab penuh atas konsekuensi hukum terhadap isi tulisan yang ditayangkan dengan kesadaran, kemauan, dan berdasarkan pendapat pribadi pengguna.
  3. Dilarang menayangkan tulisan yang bersifat pernyataan umpatan, kata-kata kasar, atau hal-hal serupa yang ditujukan untuk menghina atau merendahkan serta ajakan, dan atau penggambaran yang termasuk melecehkan, merendahkan, menyinggung, dan mempertentangkan, Suku, Agama, Ras, dan atau Antar-golongan (SARA), gender/jenis kelamin, disabilitas jasmani dan jiwa serta kelainan fisik akibat sakit, Kondisi sosial ekonomi lemah.
  4. Dilarang mengirimkan tulisan yang bersifat fitnah, pencemaran nama, dan atau pernyataan yang mengancam keselamatan, menipu, mencurangi, dan atau memicu kebencian pada orang perorangan, suatu pihak, golongan, dan atau suatu kelompok.
  5. Dilarang mengirimkan tulisan yang bersifat hasil pembajakan, pemalsuan, plagiarisme atas hasil karya orang atau pihak lain, atau penyalinan dan penggunaan materi milik orang/pihak lain tanpa penyebutan sumber/pemilik konten.
  6. Dilarang mengirimkan tulisan yang bersifat penggambaran mengenai ketelanjangan (nudity) dan atau pornografi serta yang berisi iklan/promosi produk barang atau jasa
  • Ketentuan Koreksi
    Terhadap setiap konten yang ditayangkannya di SULTRASIANA, yang bersifat hal-hal yang dinyatakan melanggar ketentuan diatas, maka pengelola SULTRASIANA dapat melakukan hal sebagai berikut:
  1. Menunda Penayangan.
  2. Meminta penulis untuk melakukan koreksi atas materi yang diduga mengandung unsur yang melanggar ketentuan.
  3. Mengambil kesimpulan untuk menolak menayangkan konten yang telah diminta untuk dilakukan koreksi namun oleh penulis tidak diindahkan. Batas kebijakan koreksi selama seminggu.
  • Kaedah Dasar Penulisan SULTRASIANA
    Agar tulisan Anda layak diterbitkan, pengelola menetapkan beberapa kaedah standar ini, untuk dipenuhi para penulis:
  1. Pembaca media online umumnya pengguna smarth phone dengan biaya paket data sehingga panjang pendek tulisan sangat berpengaruh pada minat baca pembaca. Olehnya itu kami membatasi panjang tulisan antara 700 hingga 2500 kata. Tulisan yang lebih dari 2500 kata, akan dipublis berdasarkan dipertimbangkan khusus redaksi.
  2. Tulisan harus memperhatikan tata-bahasa standar, dari soal tanda-baca, huruf besar-huruf-kecil, dan penggunaan transliterasi yang benar. Kata-kata asing umumnya dibuat miring (italyc). Semakin rapi Anda menulis, semakin cepat tulisan Anda diterbitkan.
  3. Penyertaan foto/gambar dalam tulisan sebesar 560 x 360 pixel.
  4. Panjang setiap paragraf/alinea adalah antara 3 hingga 5 baris atau antara 35 hingga 50 kata (words). Paragraf/alinea yang lebih dari 5 baris akan terlihat sangat panjang pada layar HP/ponsel.
  5. Jangan mengirimkan dua naskah dengan isi yang sama. Juga, jangan menggunakan judul yang sama untuk isi naskah yang berbeda.

Jika anda mempunyai berita yang ingin dimuat dan telah memenuhi persyaratan diatas, silahkan kirim ke email berikut: sultrasiana.sl@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *